24 April 2024
Blog » Liputan Dist CCTV » Jenis-Jenis Kabel untuk CCTV
jenis kabel cctv

Jenis-Jenis Kabel untuk CCTVSemua komponen pada kamera CCTV memiliki peran penting yang tidak dapat menggantikan satu sama lain. Salah satu komponen vitalnya adalah kabel. Secara umum kabel CCTV dapat Anda bagi menjadi 3 jenis. Tentu masing-masing kabel memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri.

Baca Juga : Tips Memilih Kabel, Konektor, Power Supply, Dan Harddisk CCTV Terbaik

Nah untuk memilihnya, Anda harus memilih dengan benar karena pemilihan kabel akan berdampak pada kualitas audio dan video yang anda dapat. Oleh karena itu kali ini Distributor CCTV akan membagikan ulasan tentang jenis-jenis kabel untuk kamera pengawas yang perlu anda tahu, agar anda tidak salah dalam menentukan pilihan. Check this out.

1. Kabel CCTV 3 Jalur

kabel cctv 3 jalur
Sumber: http//www.alit.co.id

Kabel yang satu ini sesuai dengan namanya yaitu kabel yang memiliki 3 jalur yaitu jalur video, audio dan adaptor atau power. Kabel 3 jalur ini biasanya sudah terpasang langsung beserta konektornya dan biasanya juga berukuran lebih kecil daripada kabel coaxial. Hal ini karena kabelnya sudah terpasang langsung dengan konektornya sehingga dijual dalam bentuk meteran.

Baca Juga : Jenis-Jenis Lensa Pada CCTV

Ukuran yang biasa adalah 10m, 15m, 20m dan 30m. untuk kebutuhan kabel lebih dari 30 meter lebih baik anda tidak menggunakan kabel 3 jalur ini karena ukuran kabel yang kecil sehingga dapat mengurangi kualitas audio dan video. Kabel ini juga tergolong lebih terjangkau daripada kabel lain.

2. Kabel Coaxial

kabel coaxial single RG6
Sumber : http//www.haffytech.com

Kabel ini juga biasa orang kenal dengan kabel coaxial single line atau satu jalur video. Kabel jenis ini cocok untuk jarak jauh, karena kabel ini hanya untuk video sehingga untuk kabel powernya anda dapat menambah sendiri.untuk kabel powernya anda dapat menggunakan stop kontak atau menarik kabel sendiri dari pusat listrik. Untuk kabel ini biasanya dijual per roll (300m). Untuk CCTV khususnya biasanya menggunakan kabel coaxial bertipe RG59 dan RG6. Bahan, kelenturan dan kualitas kabel coaxial ini berbeda untuk masing-masing merek.

3. Kabel Coaxial + Power

RG59-Coaxial-CCTV-Cable-With-Power-JLcoaxial10-
Sumber: http//www.kamerapengintai.com

Secara fisik kabel coaxial+power ini sama dengan kabel coaxial biasa hanya perbedaannya terletak pada gandengan kabel jalur 2 atau pada bagian power adaptronya. Penggunaan kabel jenis ini lebih mudah dalam pemasangan CCTV karena anda cukup menarik satu kabel untuk 1 kamera pengawas. Untuk tipe kabelnya sama dengan kabel coaxial biasa, sesuaikan saja dengan kebutuhan anda.

Baca Juga : Ukuran Lensa Kamera CCTV Dan Kaitannya Terhadap Jangkauan Area

Nah setelah tahu klasifikasi untuk kabel CCTV maka kini anda dapat dengan mudah memilih kabel mana yang cocok dengan kebutuhan anda. Happy Shopping..

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *