29 Maret 2024
Blog » Liputan Dist CCTV » Manfaat CCTV di Tempat Kerja

Manfaat CCTV di Tempat Kerja – Adanya kamera pengawas di kantor atau tempat kerja ternyata sangat berguna. Manfaat CCTV di lokasi kerja berguna untuk mengawasi beberapa hal yang luput dari pengawasan. Hal-hal tersebut akan membantu baik atasan maupun petugas keamanan untuk mengawasi area kerja. Terutama, area kerja yang luas dan sulit dijangkau.

Baca Juga : 3 Tips Pasang Kamera CCTV Yang Baik Dan Benar

Beberapa hal di bawah ini adalah manfaat memasang CCTV di tempat kerja:

1. Mencegah Kriminalitas

Pelaku kriminal biasanya mengobservasi terlebih dahulu target lokasi kejahatan mereka. Adanya CCTV akan menjadi salah satu poin yang membuat pelaku kriminal akan berpikir ulang untuk mengincar harta dan aset milik perusahaan. CCTV akan merekam gerak-gerik yang mencurigakan dari pelaku kriminal sebelum mereka melakukan kejahatan. Rekaman yang ada di layar dapat petugas keamanan lihat sehingga petugas keamanan dapat mengamankan pelaku sebelum kejahatan terjadi. Dengan begitu, kejahatan dapat dicegah dan aset perusahaan dapat terselamatkan

Baca Juga : Keuntungan dan Kerugian Memasang CCTV

2. Memantau Kegiatan Di Area Kerja

Bagi area kerja yang mempunyai banyak orang di dalamnya, seperti Mall, ruangan kantor dengan berpuluh-puluh pegawai, maupun yang sedikit orang, CCTV dapat menjadi alat pengawas yang mencakup area luas. Area yang luas akan membuat kesulitan bagi mata manusia untuk memandang secara keseluruhan. Oleh karena itu, perlu adanya CCTV untuk mengawasi kegiatan yang tidak terpantau oleh mata pengawas. CCTV juga memungkinkan bagi pengawas keamanan untuk melihat melalui monitor-monitor yang berbeda di masing-masing area yang terjangkau oleh kamera CCTV.

Baca Juga : Mengatasi Gangguan Camera CCTV

3. Mengawasi Kinerja Pegawai

Selain mengawasi kegiatan manusia yang hilir-mudik, adanya CCTV juga dapat berdampak pada kegiatan pegawai. Kinerja pegawai dapat meningkat seiring adanya pengawasan terhadap kegiatan yang mereka lakukan. Pegawai akan merasa bahwa mereka ada yang mengawasi dan dapat berfokus dengan kegiatan mereka. Pegawai juga tidak akan sembarangan untuk bersantai maupun keluar masuk dari area kerja mereka. Dengan begitu, atasan juga dapat memantau dan mengevaluasi kinerja pegawai dari rekaman yang dihasilkan oleh CCTV.

4. Menyediakan Bukti Jika Terjadi Kejahatan

Dengan bantuan CCTV, rekaman dapat menjadi sebagai salah satu alat bukti yang mendukung atau melawan. Alat bukti tersebut dapat berupa hasil rekaman dari CCTV yang merujuk pada kegiatan yang berhubungan dengan alibi pelaku. Hasil rekaman tersebut juga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi petugas hukum yang berwenang untuk diproses.

5. Melindungi Aset Perusahaan Dari Kerugian

Aset perusahaan sangat berharga, terutama menyangkut aset-aset baik berupa fisik maupun non-fisik. Pemasangan CCTV dapat menghindarkan dan melindungi secara langsung aset-aset berharga tesebut. Contohnya, barang antik dan sangat berharga yang memerlukan perlindungan tinggi di museum. Barang tersebut harus CCTV atasi dengan keamanan yang canggih pula agar terhindar dari pencuri yang berani mendekatinya.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *