20 April 2024
Blog » Liputan Dist CCTV » Keuntungan dan Kerugian Memasang CCTV

Keuntungan dan Kerugian Memasang CCTV – CCTV atau closed circuit television adalah alat yang terdiri dari perekam (DVR) dan kamera yang berfungsi untuk menangkap gambar. Perlengkapan CCTV terdiri dari berbagai macam jenis dan tipe kamera, mulai dari yang berkualitas biasa saja sampai yang mampu merekam dengan gambar berkualitas tinggi.

Kegunaan CCTV biasa untuk mengintai atau mengawasi kegiatan di suatu tempat atau ruangan tertentu dengan jarak pengawas yang cukup jauh. Hal ini memungkinkan bagi orang-orang yang berada di sekitar kamera pengawas CCTV tersebut untuk beraktivitas seperti biasa. Namun tentu saja memasang CCTV memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Ini dia keuntungan dan kerugian memasang CCTV

Beberapa keuntungan untuk memasang CCTV adalah:

1. Mengawasi

CCTV berguna untuk mengawasi dan merekam semua kegiatan yang dapat kamera jangkau. Walaupun pemilik sedang tidak berada di tempat, CCTV memungkinkan bagi pemilik untuk mengawasi dari jarak yang jauh. CCTV juga dapat merekam secara keseluruhan. Beberapa detail-detail yang terlewat dapat Anda ketahui melalui hasil rekaman di CCTV. Pemilik juga mudah untuk mengawasi bagian-bagian tertentu di area ruangan yang dirasa perlu mendapat pengawasan.

Baca Juga : Benarkah CCTV Melindungi Privasi Anda?

2. Ada Hasil Rekaman

Adanya hasil rekaman CCTV yang tersimpan di dalam DVR (Digital Video Recorder) dapat berguna sebagai panduan bagi pemilik maupun siapapun yang memerlukannya. Pemilik dapat mengambil hasil rekaman CCTV dan menyorot bagian-bagian tertentu di hasil rekaman, memutar-ulang, mempercepat ke bagian tertentu rekaman sesuai keinginan. Hal ini berguna bagi pemilik jika pemilik ingin melihat ke detail-detail tertentu. Misalkan, seorang penjaga toko ingin membuktikan tuduhan bahwa ada orang yang mencuri di tokonya. Dengan menggunakan rekaman CCTV, dapat menunjukkan bukti siapa pelakunya.

Baca Juga : Perbedaaan Rekaman Motion Detection Dengan Sensor Detection

3. Bersifat Remote

CCTV juga dapat Anda akses dari jauh. Apabila CCTV yang Anda punya merupakan tipe yang canggih, CCTV dapat Anda akses melalui aplikasi yang tersambung dengan jaringan internet. Hal ini akan memudahkan bagi pemilik yang jarang berada di rumah atau sedang bepergian jauh sehingga tidak dapat mengawasi secara berkala hasil rekaman yang tersimpan di DVR.

Selain beberapa keuntungan di atas, CCTV juga mempunyai beberapa kelemahan yaitu :

  • CCTV Membutuhkan Biaya yang Lebih untuk Meningkatkan Sistemnya

Apabila ingin menambah fasilitas tertentu, maka CCTV juga harus mempunyai fasilitas pendukung yang juga mumpuni. Oleh karena itu, beberapa CCTV ada yang berkualitas baik namun dengan harga yang juga sepadan. Untuk mendapatkan CCTV berkualitas baik tersebut, siapkan dana yang lebih agar mendapatkan CCTV yang sesuai keinginan.

  • Beberapa CCTV Mempunyai Batas Durasi Rekaman Tertentu.

Hal ini menjadi salah satu kelemahan dari CCTV. Durasi rekaman yang ada rata-rata berbatas waktu tiga hari, sehingga pemilik harus mengecek secara berkala agar mendapatkan rekaman yang utuh. Pemilik biasanya mengakali dengan cara menghapus file-file yang tidak digunakan lagi. Kelemahan ini juga dapat diatasi dengan cara meningkatkan kapasitas penyimpanan, dengan syarat harus membeli lagi DVR baru dengan kapasitas yang lebih besar.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *