19 April 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Penyebab Camera CCTV Mati Di Monitor

Penyebab Camera CCTV Mati Di Monitor – Adakalanya gambar yang camera CCTV hasilkan lewat monitor tidak dapat berjalan lancar seperti video loss / gambar yang tertangkap kamera tidak menyala. Namun mungkin bagi yang masih awam seringkali bertanya-tanya, mengapa kamera CCTV bisa mati secara otomatis?

Berikut ada 5 macam penyebab kamera cctv mati dan cara untuk mengatasinya.

Penyebab Kamera CCTV Mati

1. Kamera CCTV mati atau rusak

Apabila Camera CCTV mati secara otomatis gambar yang DVR hasilkan ke monitor juga ikut mati. Dengan demikian anda harus memeriksa atau memperbaiki camera tersebut atau menggantinya dengan yang baru. Namun jikamasih terdapat garansi, Anda bisa klaim di tempat distributor atau toko tempat anda membeli.

Baca Juga : Mengatasi Gangguan Camera CCTV

2. Adaptor Camera CCTV

5808_NTR_7911A_230V_-_5V_DC_3A_tapegyseg_5,5-2,1mm_DC_dugoval

Sumber listrik dari Camera CCTV adalah Adaptor atau power supply, jika adaptor mati maka otomatis Camera CCTV tidak dapat berjalan dengan baik. Untuk mengatasinya coba anda cek kondisi adaptor menyala atau mati. Bila diperlukan dapat dicek dengan menggunakan alat yang bernama avometer. Apabila adaptor mati anda dapat langsung menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga : Permasalahan Adaptor Dalam CCTV

3. Kabel CCTV Putus

kabel utp

Jika keseluruhan di atas berjalan normal. Kemungkinan besar kabel CCTV ada yang putus, penyebab kabelnya putus bisa terjadi karena dimakan tikus, kualitas dan mutu kabel rendah dan dapat berbagai macam faktor lainnya. Anda dapat menggantinya dengan yang baru dengan kualitas dan mutu yang bagus, jika masih bagus sambungkan saja kabel yang terputus.

4. Port Konektor Rusak

DSC01849

Setelah pengecekan adaptor, camera dan dvr tidak bermasalah dan masih terjadi video loss/ gambar mati segera lakukan pengecekan terhadap Port Konektor yang terdapat pada DVR. Anda dapat mengeceknya dengan memindah ke port lain yang masih berfungsi dengan baik. Bila Port konektor rusak anda dapat memindah ke port lain yang kosong.

5. DVR mati/ rusak

DVR merupakan bagian utama dari CCTV. Jika tidak berfungsi maka system tidak dapat berjalan. Jika DVR mati anda dapat memperbaikinya di tempat service atau menggantinya dengan yang baru. Bila masih terdapat garansi bisa Anda klaim di tempat distributor atau toko tempat anda membeli. Pastikan perawatan DVR Anda lakukan secara rutin.

Baca Juga : Mengapa DVR CCTV Tidak Bisa Tersambung Dengan Internet?

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan melihat-lihat blog kami

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *