30 April 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Apakah Rekaman CCTV Bisa Hilang?
apakah-rekamanan-cctv-bisa-hilang

Apakah Rekaman CCTV Bisa Hilang? – Sebagai pengawas keamanan, CCTV bekerja selama 24 jam nonstop, baik merekam gambar maupun suara. Kamera CCTV akan merekam gambar, kemudian dikirim ke DVR untuk diolah ke dalam bentuk digital. Data digital ini akan disimpan dalam hard disk drive dan dikirim ke layar monitor CCTV.

Baca Juga : Tips Memilih Toko Kamera CCTV

Hard disk drive adalah perangkat penyimpanan data CCTV yang sudah menjadi ke bentuk digital oleh DVR. Dengan adanya DVR, pemilik CCTV dapat memeriksa rekaman dalam waktu tertentu. Misalnya, rekaman di hari apa, pada jam, menit dan detik berapa. Hard disk juga memungkinkan data dapat pindah ke perangkat lain untuk proses back-up, atau pindah ke perangkat lain sebagai suatu bukti akan momen tertentu yang direkam oleh kamera CCTV.

Hard disk drive yang banyak Anda gunakan pada CCTV masih memanfaatkan hard disk untuk perangkat PC dan laptop. Tentu berbeda cara penggunaan dan pengaplikasiannya. Jika pada DVR perangkat hard disk lebih banyak Anda gunakan untuk menulis atau menyimpan data. Sebaliknya, pada perangkat laptop atau PC hard disk lebih sering dibaca datanya.

Apakah Rekaman CCTV Bisa Hilang?

Penggunaan hard disk dengan intensitas tinggi selama 24 jam penuh tanpa ada waktu istirahat bisa menimbulkan adanya penumpukan panas atau biasa disebut overheat. Penumpukan panas ini sangat tidak baik untuk hard disk, karena bisa membuat kinerja hard disk melambat hingga menimbulkan kerusakan yang cukup parah.

Hard disk yang rusak bisa membuat data yang ada di daiamnya ikut rusak – seperti corrupt, kualitas menurun, bahkan menghilang.

Padahal, data CCTV ada untuk tersimpan apabila sewaktu-waktu perlu dalam berbagai kegiatan, terutama untuk mengungkap tindak kejahatan atau melacak barang yang hilang dan tertinggal. Data CCTV juga dapat berfungsi sebagai pengawasan kinerja karyawan kantor atau pabrik, juga asisten rumah tangga dalam menyelesaikan tanggung jawabnya.

Baca Juga : Rahasia DVR Dalam Perangkat CCTV

Data CCTV juga dapat hilang meski kondisi hard disk drive baik-baik saja. Hal ini merupakan dampak dari hard disk yang terlalu penuh dan secara otomatis akan menghapus data lama untuk memberi ruang pada data yang lebih baru.

Misal, Anda sudah menggunakan CCTV sejak awal bulan Januari 2021 hingga bulan Mei 2021. Apabila Anda menggunakan hard disk drive dengan kapasitas rendah, maka data dari Januari hingga beberapa bulan setelahnya bisa saja terhapus untuk memberi ruang pada data yang akan tersimpan sejak bulan Mei dan seterusnya. Hal ini juga karena ukuran file yang besar. Semakin tinggi resolusi gambar, semakin tinggi kualitas gambarnya, maka semakin besar pula file yang akan tersimpan dalam hard disk.

Penyimpanan Data CCTV

Media penyimpanan CCTV ada banyak jenisnya, mulai dari penyimpanan fisik hingga penyimpanan digital. Untuk penyimpanan fisik, ada hard disk drive dan microSD yang dapat berfungsi dalam DVR. Masing-masing jenis penyimpanan mempunyai kelebihan dan kekurangan, bergantung pada kebutuhan dan peruntukkannya. Sedangkan penyimpanan secara digital dengan menggunakan Cloud, atau suatu penyimpanan digital yang terkoneksi dengan internet untuk mengakses dan menggunakan data. Cloud tersebut merupakan bawaan dari kamera, yang umumnya ada pada IP Camera dengan basis internet dan komputer.

Mengatasi Rekaman CCTV Hilang

Untuk mengatasi masalah data CCTV yang hilang adalah dengan melakukan back-up pada memori hard disk atau microSD. Hal ini bisa Anda lakukan untuk mencegah hard disk mengalami gangguan dan kerusakan akibat data yang overload, untuk memberi ruang lebih pada hard disk, serta mencegah memori data CCTV hilang.

Baca Juga : Menyiasati Backup Record Pada DVR

Anda dapat melakukan back-up dengan memindahkan data ke perangkat dengan media penyimpanan yang lebih besar. Misalnya laptop, PC, tab, dan lain sebagainya. Dengan begitu, data rekaman yang penting akan terselamatkan dan hard disk akan lebih tahan lama penggunaannya.

Juga, Anda bisa menggunakan hard disk khusus CCTV yang dapat berfungsi selama 24 jam penuh tanpa adanya overheat. Jenis hard disk ini memang memiliki rancangan khusus untuk CCTV yang intensitas penggunaannya tinggi, serta memberi ruang yang lebih besar.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *