29 Maret 2024
Blog » Other » Permasalahan Yang Seringkali Dialami CCTV
permasalahan cctv

Permasalahan Yang Seringkali Dialami CCTV – Seiring berjalannya waktu, penggunaan CCTV terus meningkat. Penggunaannya pun tidak terbatas sebagai pengawas keamanan. Saat ini CCTV juga berguna sebagai pengawasan kinerja karyawan hingga memantau kegiatan anak-anak di rumah selagi orang tua bekerja di kantor.

Baca Juga : Gangguan Yang Sering Terjadi Pada CCTV

Dengan penggunaan berintensitas tinggi, CCTV seringkali mengalami gangguan maupun kerusakan, dari yang kecil hingga besar. Hal ini lumrah terjadi mengingat CCTV berfungsi terus-menerus selama 24 jam sehari. Belum lagi CCTV yang harus berhadapan langsung dengan hujan dan terik matahari saat terpasang di luar ruangan.

Nah, artikel kali ini akan memberi informasi mengenai gangguan atau permasalahan yang sering dialami oleh CCTV. Mau tahu? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Penyebab Terjadinya Permasalahan CCTV

Ada beberapa penyebab rusaknya perangkat CCTV yang Anda miliki, antara lain:

1. Kamera CCTV Rusak

Penyebab CCTV rusak yang pertama datang dari kamera CCTV. Kamera CCTV merupakan perangkat CCTV yang paling dekat dengan area yang perlu Anda awasi. Selain itu, kamera menjadi alat paling dekat dengan berbagai macam gangguan internal maupun eksternal.

Penyebab kamera CCTV rusak juga bermacam-macam. Mulai dari gangguan tegangan arus listrik yang menyebabkan kamera rusak, terkena air hujan dan terik matahari juga bisa menyebabkan kerusakan CCTV. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menambahkan pelindung berbahan fiber di sekitar kamera agar bebas dari terik matahari dan air hujan secara langsung. Juga, periksa apakah terjadi gangguan pada power supply atau power source dari kamera CCTV.

Kamera yang rusak bisa berakibat pada tidak berjalannya fungsi pengawasan karena tidak ada gambar yang bisa terekam oleh DVR dan tidak ada gambar yang tampil di layar monitor.

2. DVR Rusak

Penyebab CCTV rusak yang kedua yakni DVR atau Digital Video Recording. Alat ini tak kalah penting dari kamera, dimana DVR berfungsi mengolah dan menyimpan rekaman gambar dari kamera CCTV yang kemudian diteruskan ke layar monitor. Sama dengan kamera, apabila DVR tidak berfungsi dengan semestinya, maka kinerja CCTV bisa terhambat sepenuhnya.

Baca Juga : Penyebab DVR CCTV Tidak Online Dan Cara Mengatasinya

DVR yang rusak bisa karena adanya korsleting atau hangusnya salah satu bagian pada motherboard DVR, adaptor yang rusak hingga tegangan arus listrik yang tidak stabil. Sebelum membawa ke tempat servis, ada baiknya Anda mengecek terlebih dulu apakah perangkat pendukung DVR sudah berfungsi dengan baik atau tidak.

3. Kabel CCTV Rusak

Penyebab CCTV rusak yang ketiga adalah kabel. Fungsi kabel dari CCTV beragam, bergantung jenis dan peruntukannya. Misalnya, kabel power yang menjadi penghantar listrik dari power supply menuju beberapa perangkat CCTV atau kabel coaxial sebagai penghantar antara DVR dengan kamera atau DVR dengan layar monitor.

Kabel mengalami kerusakan bisa karena banyak hal. Mulai kabel yang terbakar, habis dimakan rayap atau pengerat, hingga kabel yang memang kualitasnya tidak baik dan tidak bisa digunakan dengan maksimal. Untuk mengatasi hal ini, harap periksa spesifikasi dan kualitas kabel terlebih dulu sebelum membeli, ya!

Baca Juga : Kabel Coaxial RG-59, RG-6 Atau RG-11 Yang Paling Tepat Untuk CCTV?

4. Adaptor atau Power Supply Rusak

Penyebab CCTV rusak yang keempat yakni adaptor atau power supply. Adaptor merupakan bagian penghantar dan pengubah arus listrik menjadi jenis arus listrik tertentu sesuai dengan spesifikasi alat elektronik yang ia sambungkan. Anda dapat mengganti adaptor lama dengan yang baru apabila terdapat kerusakan atau gangguan agar kerusakan CCTV tidak berlangsung lama.

Jika power supply yang mengalami kerusakan, maka periksa terlebih dulu apakah tiap perangkat pendukung power supply bekerja dengan efisien atau tidak. Power supply sendiri memiliki fungsi sebagai sumber daya untuk kamera CCTV dan perangkat DVR. Apabila perangkat ini mengalami gangguan, maka dapat mengganggu keseluruhan kinerja CCTV juga.

5. Port Konektor Rusak

Penyebab CCTV rusak yang terakhir adalah port konektor yang rusak. Port merupakan rumah atau wadah dimana konektor ditempatkan. Apabila ada kerusakan atau gangguan pada port, maka pindahkan konektor ke port lain yang masih bekerja dengan baik.

Untuk menghindari kerusakan pada CCTV, ada baiknya Anda melakukan pengecekan secara berkala pada perangkat CCTV untuk menghindari kerusakan yang parah. Semoga artikel di atas bisa menambah informasi, ya!

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *