28 April 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Tips Merawat Kamera CCTV

Tips Merawat Kamera CCTVSebagai seseorang yang peduli dengan keamanan diri serta lingkungan sekitar, maka kini semakin banyak orang yang mulai memasang cctv sebagai bentuk pencegahan. Menurut opini masyarakat membeli kamera CCTV adalah sebuah tindakan antisipasi yang baik dan cukup efektif untuk mencegah tindak kriminalitas. Selain itu dengan adanya kamera CCTV juga membantu pihak berwajib dalam menangkap tersangka melalui rekaman CCTV.

Baca Juga : Tips Memilih CCTV Yang Tepat 

Karena cukup banyak manfaat yang dapat diperoleh  dari pengaplikasian kamera CCTV ini maka sebagai pengguna anda semua haruslah peka dan sadar untuk merawatnya agar kamera CCTV tetap dapat berfungsi dengan baik.

Nah untuk merawat kamera CCTV agar tidak mudah rusak maka Anda dapat mencoba tips berikut ini :

1. Selalu Jaga Kebersihan Kamera CCTV

Anda harus rajin dalam menjaga kebersihan kamera CCTV yang anda miliki, mulai dari lensa kamera, Housing, Drive Unit, DVR, Monitor dan segala komponen CCTV yang memiliki kemungkinan dipenuhi oleh debu dan kotoran. Menumpuknya debu dan kotoran ini akan menjadi penghambat utama  kinerja kamera CCTV anda.

Baca Juga : Jangan Lupa Bersihkan Lensa Kamera CCTV Anda

2. Cek Secara Berkala Komponen CCTV

Beberapa komponen CCTV yang harus anda cek adalah bagian kabel dan koneksinya. Selain itu anda juga harus sering mengecek posisi kamera, apakah sudah sesuai dengan target atau belum. Dan jangan lupa juga untuk mengecek penyangga CCTV  agar kamera CCTV anda tetap berfungsi dengan baik.

  • Selalu Cek Setting Rekaman CCTV

Anda harus mengatur mode rekaman kamera CCTV dengan optimal, mulai dari jangka waktu penyimpanan rekaman, hasil rekaman dan settingan lainnya.

  • Cek Keakuratan Kamera CCTV

Cek keakuratan jam dan waktu yang ada pada CCTV, pengendalian telemetri,keakuratan indictor dan juga kondisi DVR.

3. Back up Hasil Rekaman CCTV

Hal terakhir yang harus anda ingat adalah sediakan back up hasil rekaman CCTV anda. Hal ini perlu Anda lakukan karena CCTV sendiri memiliki memori penyimpanan yang tentunya terbatas. Jadi tindakan back up ini sebagai pencegahan jika saja rekaman yang ada di CCTV anda tidak sengaja terhapus.

Baca Juga : Back Up Rekaman CCTV Pada DVR

Nah semoga ketiga tips untuk merawat kamera CCTV tersebut dapat bermanfaat bagi anda. Ingatlah bahwa semua barang yang anda miliki haruslah Anda rawat dan jaga jika memang anda mengharapkan kinerja yang baik dari barang-barang tersebut khususnya benda-benda digital anda.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *