28 Maret 2024
Blog » Tutorial Dist CCTV » Jangan Lupa Bersihkan Lensa Kamera CCTV Anda
cctv lensa

Sumber: http//www.nabilacctvbjm.bogspot.com

Jangan Lupa Bersihkan Lensa Kamera CCTV Anda  – CCTV banyak digunakan sebagai media pengawasan yang efektif dan efisien serta dapat dijadikan bukti kepada pihak berwajib bilamana terjadi tindak kejahatan. Jenis CCTV juga beragam sehingga konsumen bebas menetukan pilihannya berdasarkan yang mereka butuhkan. Beberapa CCTV bahkan tersamarkan bentuknya dan bisa digunakan untuk menyadap suatu lokasi atau kegiatan.

Baca Juga : Tips Merawat Kamera CCTV

cctv-camera-samsung
Sumber: http//www.infocameracctv.bogspot.com

Bagian terpenting dari kamera pengawas salah satunya adalah lensa kamera itu sendiri yang berfungsi menangkap gambar target. Untuk membersihkan lensa kamera kita juga perlu memperhatikan beberapa hal sebab diluar lensa terdapat lapisan pelindung yang dipasang untuk melindungi pantulan yang ditangkap oleh kamera pengawas.

Baca Juga : Cara Paling Ampuh Merawat Kamera CCTV

Tips Membersihkan Lensa CCTV

Ketika membersihkan lensa pada kamera CCTV ada baiknya anda melakukan intruksi yang dijelaskan sebagai berikut:

1. Matikan Kamera

Matikanlah kamera anda bilamana sedang anda bersihkan agar tidak rusak dan tidak terjadi pengaturan manual yang mampu mengubah cara kerja kamera pengawas anda.

2. Lepas Kamera Dari Tempat Pemasangan

Anda bisa membersihkan kamera pengawas anda saat terpasang maupun ketika anda melepasnya dari tempat penempatan CCTV. Jika anda memilih untuk membersihkannya ketika terpasang maka hati-hatilah dalam membersihkan lensa. Jangan sampai terlalu kuat menggoyangkan CCTV anda khawatir ada komponen dalamnya yang ikut lepas

3. Gunakan Kompresor Udara

Anda bisa menggunakan compressor udara untuk membersihkan bagian luar lensa atau permukaannya yang memang rawan akan sentuhan. Kompresor udara kalengan dapat anda pakai untuk membersihkan debu dan kotoran pada permukaan lensa kamera CCTV.

4. Gunakan Kain Microfiber

Sebaiknya Anda menggunakan kain microfiber. Anda beli di toko optic terdekat sebab kain ini memiliki permukaan yang halus dan sangat baik untuk membersihkan lensa kamera karena tidak menyebabkan goresan yang mampu merusak lensa CCTV.

5. Pakai Cairan Pembersih Lensa

Pakailah cairan pembersih lensa yang memang khusus untuk membersihkan optic jenis ini. Karena harga lensa kamera sendiri juga tergolong mahal sehingga anda berhati-hati dalam membersihkannya. Bila anda tidak memiliki cairan khusus pembersih lensa maka anda bisa menghembuskan nafas anda tepan di depan lensa lalu mengusapnya dengan kain microfiber.

6. Pasang Kembali CCTV

Bila anda telah selesai membersihkan lensa anda maka pasanglah kembali CCTV anda dengan benar. Jangan sampai tumpuan untuk CCTV goyang dan pastikan telah terpasang dengan kuat.

7. Utamakan CCTV di luar Ruangan

Bersihkanlah secara rutin terlebih bila CCTV anda memasangnya di luar ruangan yang mana banyak debu dari jalanan. Ini bisa mengotori lensa dan membuat gambar yang terekam menjadi kurang jelas.

8. Percayakan Pada Teknisi CCTV

Bila kamera CCTV anda tidak bekerja sebagaimana mestinya segeralah periksakan pada pakarnya agar kerusakan tidak menjadi semakin parah. Ada baiknya bila anda juga rutin memeriksa kamera CCTV anda.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk merawat lensa kamera CCTV anda dan semoga artikel ini bermanfaat dan dapat anda terapkan dengan baik dalam kehidupan anda sehari-hari.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *