20 April 2024
Blog » Liputan Dist CCTV » Mengenal Perbedaan Resolusi CCTV dan DVR

Mengenal Perbedaan Resolusi CCTV dan DVR – Walaupun saat ini kita sudah berada di zaman serba teknologi, namun terkadang kita masih bingung dengan berbagai istilah yang tercantum pada spek (spesifikasi) di suatu produk.

Baca Juga : Fungsi DVR Yang Perlu Kamu Tahu

Sebagai contoh CCTV apakah Anda pernah mendengar istilah resolution pada CCTV? Resolution tercantum dalam bentuk satuan TVL (Television Lines) serta media perekam (DVR) menggunakan istilah CIF, QCIF, D1, half D1, HD, 720p, 1080 dan sebagainya. Juga pertanyaan seperti “Resolusi apa ini?” yang membuat Anda ragu dan bingung.

Perbedaan Resolusi CCTV dan DVR

Mengenal Perbedaan Resolusi CCTV dan DVR1

Inilah yang terjadi pada sebagian besar calon customer, mereka bingung terhadap istilah resolution yang berbeda-beda (baik CCTV atau DVR). Istilah resolution secara umum sama, menyatakan kualitas suatu produk. Semakin tinggi resolution, maka gambar yang produk hasilkan akan semakin halus (red. = baik). Sedangkan untuk TVL merupakan kepanjangan (Television Lines) yang memiliki arti kerapatan garis vertikal yang dapat Anda dapatkan sebuah CCTV untuk menampilkan gambar di layar.

Mengenal Perbedaan Resolusi CCTV dan DVR2

Dapat dilihat, kerapatan garis yang didapat pada resolusi 600 TVL terlihat lebih sempit dibandingkan dengan resolusi 550 TVL. Saat ini, tersedia kamera CCTV dengan resolusi 700 TVL. Ini merupakan resolusi tertinggi yang diketahui tersedia di pasaran. Bisa Anda bayangkan seberapa halus tampilan gambarnya. Resolusi ini akan muncul sebagai hasil rekaman gambar, artinya sebuah DVR dapat merekam gambar dalam resolusi CIF yang berkecepatan video sekian fps. Lalu apa maksud dari resolusi CIF, QCIF, D1 ini berikut penjabarannya?

Mengenal Perbedaan Resolusi CCTV dan DVR3

HD 1080p dengan resolusi 1920 x 1080 pixel

HD 720p (High Definition) sama seperti angkanya yaitu berukuran 1280 x 720 pixel.

960H berukuran 960 x 576 pixel (sinyal PAL), dan berukuran 960 x 480 pixel (pada sistem NTSC). D1 merupakan ukuran gambar dengan resolusi 704 x 480 pixel (sistem layar NTSC) atau 720 x 576 pixel (pada sinyal PAL. Namun umumnya Indonesia menggunakan PAL).

Baca Juga : Rahasia DVR Dalam Perangkat CCTV

CIF merupakan singkatan dari Common Intermediate (or Interchange) Format, ukurannya  352 x 240 pixel.

QCIF adalah ukuran yang paling kecil 176 x 120 pixel. Walaupun resolusinya kecil tapi QCIF masih banyak tertulis pada sebagian besar CCTV karena untuk tampilan video di perangkat mobile. Sebab jika menggunakan format-format di atas QCIF tentu akan menguras kuota internet. Seperti itulah perbedaan antara resolusi TVL yang biasa terpakai untuk sinyal analog, dengan resolusi HD, 960, CIF, QCIF dan D1 untuk sinyal digital.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *