25 April 2024
Blog » Liputan Dist CCTV » Pengguna CCTV, Ini Kelebihan Dan Kekurangan CCTV Dengan Infrared

Pengguna CCTV, Ini Kelebihan Dan Kekurangan CCTV Dengan Infrared – Dalam kamera CCTV baik indoor maupun outdoor terdapat lampu infrared LED, yang fungsi utamanya adalah untuk dapat membantu kamera focus dan dengan jelas menangkap gambar pada malam hari maupun dalam ruang yang minim cahaya (gelap). Lampu infrared LED dalam suatu unit kamera kebanyakan tidak sama jumhanya dari satu kamera dengan kamera lainnya. Mengapa demikian?

Baca Juga : Kenali Jenis, Bentuk, serta Fungsi CCTV

Sebenarnya itu tidak berpengaruh sedikitpun dalam instalasi CCTV, jika dilihat dari jumlahnya itu tergantung vendor atau pabrik pembuat unit kamera tersebut menggunakan jenis lampu infrared jenis apa, bentuk apa dan berapa jumlahnya karena semua fungsinya sama saja.

Kelebihan Dan Kekurangan CCTV Dengan Infrared

Pengguna CCTV, Ini Kelebihan Dan Kekurangan CCTV Dengan Infrared1

Jumlah lampu infrared LED pada unit kamera yang berbeda-beda tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Namun untuk kualitas gambar memang ada pengaruhnya, berikut perbedaannya:

1.  Kamera CCTV dengan Lampu Infrared LED 4 mata

Sesuai fungsinya yang dapat mengadaptasi ruangan gelap sehingga, masih dapat merekam gambar dengan jelas ke mode hitam putih, lampu LED ini juga menentukan kejelasan gambar yang tertangkap kamera. Untuk kamera dengan LED 4 mata yang lebih canggih dapat merekam jelas dalam keadaan gelap pada jarak maksimal 10-15 meter.

2. Kamera CCTV dengan Lampu Infrared Banyak

Sedangkan untuk unit kamera CCTV dengan lampu infrared banyak hanya mampu merekam gambar dengan jelas pada jarak maksimal 5-7 meter.

Kamera infrared menghasilkan video warna beresolusi tinggi pada siang hari. Keunggulannya adalah ia mampu memberikan gambar yang cukup jelas dalam kondisi lux rendah atau tidak ada cahaya sama sekali. Pada kondisi cahaya yang rendah, kamera CCTV infrared mampu menerangi lokasi secara otomatis beralih dari mode warna ke hitam putih. Iluminator inframerah akan hidup pada kondisi gelap dan memungkinkan Anda untuk melihat lingkungan sekitar lebih jelas daripada melihat dengan mata.

  • Bisa Anda gunakan sebagai kamera indoor maupun luar ruangan, kamera cctv infrared memberikan keuntungan yang sangat besar dalam cahaya rendah atau tidak ada cahaya.
  • Tahan cuaca (weatherproof) dan dapat menahan suhu panas dan dingin walaupun tanpa housing tambahan.
  • Kamera CCTV infrared indoor menawarkan gambar video yang jelas baik dalam kondisi terang maupun gelap.
Pengguna CCTV, Ini Kelebihan Dan Kekurangan CCTV Dengan Infrared2

Kamera inframerah biasanya di rumah-rumah dan bisnis yang mematikan lampu mereka pada malam hari atau untuk memantau kondisi lingkungan pada malam hari.

Baca Juga : Perbedaan CCTV Day-Night Dengan CCTV Biasa

Fitur lain kamera infrared yaitu memiliki kemampuan untuk beralih dari mode infrared (yang menangkap gambar hitam putih) ke mode warna non-inframerah dengan cepat. Adapun kelebihan dan kekurangan Infrared antaralain :

Kelebihan:

  • Pengiriman data dengan infra merah dapat Anda lakukan kapan saja, karena pengiriman dengan inframerah tidak membutuhkan sinyal.
  • Lebih mudah karena termasuk alat yang sederhana.
  • Pengiriman data dari ponsel tidak memakan biaya (gratis)

Kelemahan:

  • Pada pengiriman data dengan inframerah, kedua lubang inframerah harus berhadapan satu sama lain. Hal ini agak menyulitkan kita dalam mentransfer data karena caranya yang merepotkan.
  • Inframerah sangat berbahaya bagi mata, sehingga jangan sekalipun sorotan inframerah mengenai mata
  • Pengiriman data dengan inframerah dapat kita katakan lebih lambat daripada dengan rekannya Bluetooth.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *