29 April 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Kenali Jenis, Bentuk, serta Fungsi CCTV
kenali-jenis-bentuk-serta-fungsi-cctv

Kenali Jenis, Bentuk, serta Fungsi CCTV – CCTV sebagai kamera pengawas ternyata memiliki bentuk yang beragam dan juga fungsi yang beragam pula. Hal ini juga dapat Anda bedakan berdasarkan harga yang penjual tawarkan – semakin mahal suatu kamera, maka semakin lengkap pula fitur dan kualitas tinggi kamera tersebut.

Baca Juga : Mengatasi Gangguan Camera CCTV

Pemilihan kamera harus sesuai dengan kebutuhan dari pemiliknya, misal untuk penggunaan luar ruangan atau dalam ruangan, penggunaan dengan skala kecil atau skala besar, atau untuk di siang hari ataupun malam hari. Meski sama-sama kamera CCTV, nyatanya masing-masing kamera memiliki spesifikasi dan fitur yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hal ini untuk memudahkan pembeli

Untuk Anda yang sedang mencari fungsi CCTV yang pas untuk rumah atau kantor, tidak ada salahnya menyimak informasi di bawah ini!

Jenis-Jenis CCTV

Ada beberapa jenis dan bentuk dari CCTV, antara lain :

1.  CCTV Bullet Camera

Jenis CCTV yang pertama yakni jenis Bullet Camera. CCTV jenis ini umum ditemukan penggunaannya dalam beberapa lokasi. Seperti mall, kantor, toko, hingga hunian rumah. Bullet camera memiliki bentuk bulat memanjang. Jenis ini lebih sering berguna di luar ruangan dengan fitur weather-proof dan bentuk yang lebih kokoh daripada jenis lainnya.

Baca Juga : Mengapa Kamera CCTV Berwarna Hitam-Putih?

Bullet Camera tahan terhadap air hujan dan terik matahari langsung, sehingga sangat cocok untuk pemakaian outdoor. Selain itu, kamera ini tipe fix yang mampu menangkap gambar dari area yang tetap terus-menerus dan tidak include fitur zoom, pan atau tilt control.

2. CCTV Dome Camera

Jenis kedua ini mirip dengan Bullet Camera, yakni memiliki bentuk bulat dan mirip kubah. Jenis ini juga sering untuk penggunaan luar ruangan karena ketahanan kamera yang tahan akan hujan dan matahari.

Dome Camera cenderung lebih fleksibel meski juga menggunakan tipe fix untuk beberapa merk. Jangkauan dari kamera juga beragam, bergantung pada series dan kebutuhan yang pengguna inginkan.

3. CCTV PTZ Camera

Yang ketiga memiliki bentuk hampir serupa dengan Dome Camera, namun kamera ini memiliki ukuran yang lebih besar. PTZ adalah singkatan untuk Pan Tilt Zoom, yang berarti kamera dapat bergerak kea rag kiri dan kanan, bisa bergerak ke atas dan ke bawah, serta mampu memperbesar objek gambar hingga beberapa kali lipat.

Baca Juga : Perbedaan Motorized Dengan Fixed Pada CCTV

Kamera ini banyak digunakan untuk sudut pandang dan jangkauan wilayah yang cukup luas, seperti parkir outdoor, bandara hingga pusat perbelanjaan. PTZ Camera juga bisa memutar secara otomatis mengikuti arah gerak objek atau manual menggunakan controller di pusat kendali CCTV.

4. CCTV Day and Night Camera

Jenis keempat yakni day and night camera, yang sesuai dengan namanya, dapat Anda gunakan dalam berbagai jenis pencahayaan –mulai dari gelap hingga terang. Kamera ini mampu merekam gambar dengan pencahayaan yang minim maupun saat adanya backlight atau terik cahaya matahari yang langsung mengenai lensa kamera.

Baca Juga : Perbedaan CCTV Day-Night Dengan CCTV Biasa

Umumnya, kamera ini sudah lengkap dengan infrared yang memungkinkan merekam gambar dengan pencahayaan terbatas, sehingga kamera tetap merekam meski saat malam hari.

5. CCTV IP Camera

IP Camera adalah Internet Protocol Camera yang dapat berfungsi dengan adanya koneksi internet. Kamera ini lebih dinamis dan lebih terjangkau harganya dibandingkan dengan jenis analog. IP Camera banyak produsen elektronik, seperti Panasonic, Samsung dan Xiaomi kembangkan.

Baca Juga : Inilah Alasan Mengapa Kita Butuh IP Camera

IP Camera memudahkan penggunanya untuk bisa melihat rekaman secara real-life dan melakukan pengaturan dari aplikasi bawaan merk kamera. Keunggulan lain adalah kualitas gambar yang umumnya lebih bagus daripada dengan jenis analog.

6. CCTV HD Camera

Yang dimaksud dengan HD Camera adalah High Definition Camera atau kamera dengan resolusi dan kualitas gambar yang tinggi. Kamera ini lebih fleksibel karena dapat Anda gunakan dalam ruangan maupun luar ruangan. Saat ini banyak merk CCTV yang mengembangkan HD Camera dalam berbagai penggunaan, seperti untuk kantor, tempat parkir, hingga pabrik dan gudang.

HD Camera memungkinkan Anda melakukan zoom-in ke objek tanpa memperburuk kualitas gambar, seperti gambar yang buram atau pecah. Maka dari itu, sangat cocok untuk pengawasan di tempat umum.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *