24 April 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Tips Memilih Kabel, Konektor, Power Supply, dan Harddisk CCTV Terbaik
tips-memilih-kabel-konektor-power-supply-dan-harddisk-cctv-terbaik

Tips Memilih Kabel, Konektor, Power Supply, dan Harddisk CCTV Terbaik – Dalam berbagai aspek kehidupan, kita tentu berharap dan memilih yang terbaik. Termasuk perangkat CCTV untuk mengawasi keamanan lingkungan sekitar.

CCTV sendiri terdiri dari beberapa komponen, komponen CCTV ini bekerja bersamaan satu sama lain untuk mengawasi dan menjaga keamanan lingkungan tempat CCTV terpasang Seperti rumah, pusat perbelanjaan, toko, bank, hingga jalan raya.

Pemilihan komponen CCTV ini juga tidak bisa main-main, Anda harus memilih yang terbaik agar CCTV dapat bekerja dengan baik dan dapat berguna dalam jangka panjang. Memilih kualitas komponen CCTV juga berpengaruh pada pengambilan rekaman gambar dan suara, loh.

Lalu, apa saja yang harus Anda pertimbangkan dalam pemilihan komponen CCTV? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini ya!

Memilih Komponen CCTV Berkualitas Terbaik

CCTV terdiri dari beberapa komponen agar dapat berfungsi dengan baik. Antara lain DVR, kabel, konektor, kamera, hard disk, power supply, adaptor, dan beberapa perangkat pendukung lainnya.

Baca Juga : Tips Memilih CCTV Yang Tepat

Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara memilih kabel, konektor, power supply dan hard disk kualitas terbaik untuk Anda gunakan.

Kabel CCTV

CCTV yang masih menggunakan kabel biasanya jenis CCTV analog. CCTV ini yang paling banyak berfungsi oleh masyarakat dalam berbagai keperluan. Jenis kabel yang umum berguna pada CCTV adalah kabel coaxial dengan berbagai model sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya adalah kabel model RG59.

Baca Juga : Jenis-Jenis Kabel Untuk CCTV

Kabel coaxial RG59 merupakan upgrade dari jenis yang lama, yaitu RG6. Kabel RG59 untuk penggunaan CCTV yang sudah lengkap dengan kabel power. Gunanya untuk mengirimkan suplai listrik atau power ke kamera CCTV dari power supply yang ada.

Dalam memilih kabel coaxial, perhatikan aspek berikut ini:

  • Dari merk dengan reputasi dan kualitas yang baik
  • Serabut kabel tidak terlalu tipis
  • Serabut kabel tidak mudah rontok
  • Kabel power sifatnya kokoh dan kuat
  • Isolator tidak mudah sobek
  • Isolator di kabel power tidak mudah robek

Salah satu produsen kabel coaxial dengan kualitas baik adalah LS Cable & System yang berada dalam naungan LG. Kabel dari merk tersebut mempunyai kualitas yang baik – serabut tidak tipis dan tidak mudah rontok, inner kabel prima, ukuran yang pas, pembungkus kabel bukan plastik melainkan aluminium foil.

Harga dari kabel ini sangat beragam, bergantung merk dan jenisnya.

  • Kabel RG59 LS Cable & System dengan harga mulai dari Rp 3.000 per meter, SPC dengan harga mulai dari Rp 3.000 per meter dan kabel RG59 Merk Campur dengan harga mulai dari Rp 2.500 per meter

Konektor CCTV

Selanjutnya adalah konektor untuk CCTV. Jaringan standar CCTV analog umumnya menggunakan kabel coaxial dan konektor BNC, sedangkan pada IP Camera umumnya menggunakan kabel UTP, STP, LAN dan konektor RG45.

Sama seperti kabel, konektor juga memiliki merk dan kualitas yang beragam, dan jangan lupa untuk selalu memilih konektor berkualitas prima agar tahan lama dan tidak mudah rusak.

Baca Juga : Kenali Komponen CCTV Dan Fungsinya

Pada kamera CCTV analog, biasanya menggunakan konektor tipe BNC male yang bisa Anda pasangkan pada kabel coaxial, juga menggunakan konektor DV 12v female untuk bagian power. Bentuk konektor juga bermacam-macam, namun yang paling pas adalah konektor dengan model ulir atau drat untuk menghasilkan sambungan CCTV yang mudah Anda pasang tapi kokoh.

Berikut harga untuk konektor adalah sebagai berikut:

  • Konektor CCTV DC 12v dengan harga mulai dari Rp 900
  • Konektor CCTV BNC dengan harga mulai dari Rp 2.300

Power Supply CCTV

Masih banyak yang menyambungkan CCTV langsung ke sumber listrik yakni dari stopkontak beraliran listrik PLN. Namun ternyata ada power supply khusus CCTV yang dapat berguna sebagai sumber aliran listrik CCTV.

Power supply khusus CCTV sudah lengkap dengan sekring atau fuse sebagai pengaman jika terdapat arus pendek. Jadi, power supply dan perangkat CCTV akan otomatis terputus alirannya. Power supply ini umumnya menggunakan tegangan 12v DC dan memiliki beberapa soket keluaran yang serupa dengan jumlah channel kamera, yaitu 4, 8, dan 16.

Harga untuk power supply antara lain:

  • Power Supply CCTV 4CH 5A dengan harga mulai dari Rp 98.000, 8CH 10A dengan harga mulai dari Rp 171.000 dan power Supply CCTV 16CH 20A dengan harga mulai dari Rp 223.000

Hard Disk CCTV

Hard disk merupakan tempat penyimpanan yang ada dalam perangkat DVR. Disini, rekaman CCTV yang telah diubah dalam bentuk digital akan disimpan dalam periode waktu tertentu. Untuk penggunaan dalam waktu lama, Anda bisa menggunakan hard disk untuk CCTV yang dapat digunakan untuk 24 jam penuh.

Baca Juga : Harddisk Tidak Terbaca Pada DVR

Besaran hard disk dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan resolusi dari kamera. Semakin tinggi resolusi, semakin besar pula file yang harus disimpan dalam hard disk.

Ada beberapa jenis DVR CCTV yang dapat digunakan, antara lain:

1. Western Digital – Seri WD Purple

  • WD Purple 2 TB mulai dari harga Rp 610.000, 4TB mulai dari harga Rp 1.300.000 dan Purple 8TB mulai dari harga Rp 3.900.000

2. Seagate – Seri Skyhawk

  • Seagate Skyhawk 2 TB mulai dari harga Rp 625.000, 4TB mulai dari harga Rp 1.470.000, dan Seagate Skyhawk 8TB mulai dari harga Rp 3.580.000

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *