28 April 2024
Blog » Liputan Dist CCTV » PoE Dalam Sistem CCTV Teknologi IP Cam

PoE Dalam Sistem CCTV Teknologi IP Cam – Salah satu kelebihan IP Cam, walaupun tidak semua tipe adalah kemampuannya dalam menampilkan resolusi tinggi, sehingga dalam beberapa kasus, kedudukannya bisa menggantikan kamera analog yang lengkap dengan lensa zoom.

Baca Juga : Inilah Alasan Mengapa Kita Butuh IP Camera

Selain itu, instalasi kabelnya pun bisa kita katakan lebih ringkas. Kamera analog terkadang memerlukan beberapa tarikan kabel untuk menyalurkan video, power dan data. Sedangkan untuk fungsi yang sama, IP cam hanya memerlukan seutas kabel UTP saja. Oleh karena kepraktisannya inilah, maka camera jenis ini makin banyak orang cari. Bagaimana dengan anda?

Namun, dalam implementasinya masih memerlukan pemisahan antara kabel power dengan sinyal. Ini karena tidak semua tipe IP Cam mendukung apa yang disebut dengan PoE (Power over Ethernet). Betulkah demikian?

PoE Dalam Sistem CCTV

Jawabannya adalah tidak! Pada instalasi IP Cam sejatinya kita tidak perlu menarik dua apalagi tiga utas kabel seperti pada camera analog. Kita cukup membentangkan satu kabel UTP saja, tidak perduli apakah IP Cam tersebut tersebut tergolong kelas atas, menengah ataupun kelas bawah.

Baca Juga : Pertimbangan Dalam Instalasi IP Camera

Cara ini jelas lebih praktis ketimbang cara analog yang terkadang memerlukan dua tarikan kabel. Mengapa bisa demikian? Hal itu karena kita boleh memilih salah satu dari dua cara menyalurkan power pada IP Cam yang kami ketahui sejauh ini. Sebelum memutuskan cara mana yang akan Anda pakai, faktor yang perlu Anda ketahui adalah apakah spec IP cam kita mendukung “802.3af compliant” ataukah tidak. Jika tidak, maka tidak perlu khawatir, sebab kita bisa memakai alat yang disebut Power Injector danSplitter seperti terlihat pada cara ke-1 di bawah ini. Namun, jika mendukung, maka kami sarankan agar memakai Network Switch with PoE seperti pada cara ke-2.

PoE Dalam Sistem CCTV Teknologi IP Cam1

Alhasil, dari sisi penarikan kabel, IP cam jauh lebih praktis, ringkas dan rapi ketimbang camera analog. Berita bagusnya lagi adalah harga peralatan PoE ini terbilang murah dengan kualitas yang mumpuni.

Faktor lain yang perlu Anda perhatikan adalah soal watt. Secara umum, kapasitas daya (watt) pada kebanyakan PoE sudah lebih dari mencukupi untuk dibebani IP cam. Kalaupun sampai terjadi overload, maka yang terjadi hanyalah power yang tidak keluar saja, tanpa menyebabkan camera ataupun PoE menjadi rusak. Selain itu, khusus pada PoE Splitter, di sana ada pilihan tegangan 5V-9V-12V untuk IP cam kita. Seperti yang sudah kita tahu, tidak semua IP cam bekerja pada 12V, sehingga dengan adanya pilihan ini kita bisa leluasa dalam memilih produk.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *