28 April 2024
Blog » Liputan Dist CCTV » Apakah Kelebihan CCTV HD-CVI?
cctv hd cvi

Apakah Kelebihan CCTV HD-CVI?HD-CVI adalah kepanjangan dari High Definition Composite Video Interface. Ini adalah teknologi baru di dunia CCTV. CCTV HD-CVI adalah metode transmisi sinyal video HD melalui kabel coaxial. Sebelum teknologi CCTV HD-CVI ada, resolusi DVR ( Digital Video Recorder ) untuk kamera CCTV analog hanyalah sampai 960H atau 960×576 pixel. HD-CVI ini adalah solusi untuk jarak transmisi yang lebih jauh daripada teknologi HD-SDI (High Definition Serial Digital Interface) atau IP Camera.

Namun, apakah kamu mengetahuhi kelebihan CCTV HD-CVI?

Baca Juga : Tips Memilih CCTV Yang Tepat

CCTV HD-CVI adalah teknologi yang sangat menyaingi IP Camera maupun HD-SDI. Ini menggunakan transmitter (built-in di kamera) dan receiver (built-in di DVR) yang dapat mentransmisikan video dengan resolusi 720p (1280×720 pixel) hingga 1080p (1920×1080 pixel) menggunakan kabel coaxial biasa seperti yang kamera CCTV analog gunakan untuk biasa.

Video yang sudah bertransmisi tidak kompres dan dapat bertransmisi lebih jauh daripada HD-SDI atau IP Camera. Teknologi HD-CVI ini juga mampu mentransmisikan sinyal video, audio, dan kontrol PTZ (pan tilt zoom) hanya dengan satu kabel coaxial saja.

Yang membedakan HD-CVI dengan HD-SDI atau IP-Camera , adalah harga kamera dan DVR HD-CVI yang sama dengan kebanyakan kamera CCTV analog biasa. Ya, HD-CVI semurah kamera cctv analog biasa, tidak mahal seperti IP Camera dan kamera HD-SDI namun mampu menghasilkan gambar dengan kualitas megapixel.

Kelebihan HD-CVI dibanding kamera CCTV analog

maxresdefault (3)
  • Resolusi kamera CCTV analog hanyalah 960h atau 960×576 pixel. Kamera HD-CVI dapat mentransmisikan video HD mulai 720p (1280×720 pixel) sampai 1080p (1920×1080 pixel).
  • Kamera CCTV analog standar hanya dapat mentransmisikan sinyal video saja dalam satu kabel coaxial, audio dan kontrol ptz harus tersedia kabel tersendiri. HD-CVI dapat , mentransmisikan sinyal video, audio dan ptz dalam satu kabel saja.
  • Harga kamera analog CCTV dan HD-CVI hampir sama, namun resolusinya HD-Cvi sangat jauh daripada kamera analog

Kelebihan HD-CVI dibanding HD-SDI

  • Jarak transmisi / tarikan kabel HD-SDI maksimal adalah 100 meter , sedangkan HD-Cvi dapat mencapai 500 meter.
  • HD-SDI hanya dapat mentransmisikan video saja dalam satu kabel. HD-CVI dapat , mentransmisikan sinyal video, audio dan ptz dalam satu kabel saja.
  • HD-SDI hanya dapat di transmisikan dengan kabel coaxial berbahan tembaga berkualitas tinggi, sedangkan HD-CVI bisa dengan kabel coaxial tembaga, kabel coaxial aluminium, kabel UTP dengan tambahan balun, dan kabel kamera pengawas yang banyak di pasaran
  • HD-CVI lebih murah daripada HD-CVI

Kelebihan HD-CVI dibanding IP Camera

  • IP Camera tidak bisa bertransmisi dengan kabel coaxial (kecuali dengan perangkat ip over coaxial), sehingga harus membuat infrastruktur/jaringan IP baru. HD-CVI dapat menggunakan infrastruktur / jaringan kabel CCTV lama, sehingga sangat menghemat biaya.
  • Dengan kabel UTP IP camera hanya dapat menjangkau 100 meter saja, sedangkan HD-CVI bisa sampai 500 meter.
  • Kamera dan DVR HD-CVI jauh lebih murah daripada IP Camera dan NVR
maxresdefault (4)

Kelebihan HD-CVI dibanding IP Camera

  • IP Camera tidak bisa bertransmisi dengan kabel coaxial (kecuali dengan perangkat ip over coaxial), sehingga harus membuat infrastruktur/jaringan IP baru. HD-CVI dapat menggunakan infrastruktur / jaringan kabel CCTV lama, sehingga sangat menghemat biaya.
  • Untuk instalasi standar dengan kabel LAN/UTP, IP camera hanya dapat menjangkau 100 meter saja, sedangkan HD-CVI bisa menjangkau 500 meter.
  • Kamera dan DVR HD-CVI jauh lebih murah daripada IP Camera dan NVR

Kelebihan IP Camera dibanding HD-CVI

  • IP Camera dapat mencapai resolusi lebih dari HD-CVI, maksimal resolusi kamera HD-CVI adalah 1080p (1920×1080) atau 2 megapixel sedangkan IP Camera dapat mencapai 3MP, 5MP , sampai 8 Megapixel.
  • Dapat memakai POE (Power over Ethernet)
  • IP Camera dapat memenfaatkan perangkat TCP/IP untuk jarak yang sangat jauh misalnya dengan fibre-optic atau dengan wireless-LAN.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *