20 April 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Cara Mengatasi Kamera CCTV yang Berembun

Cara Mengatasi Kamera CCTV yang Berembun – Dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit tips dalam mengatasi kamera berembun. Pasalnya tak sedikit orang yang merasa heran mengapa hal ini dapat terjadi pada kamera instalasai CCTV yang mereka pasang. Pertanyaan yang sering timbul adalah “kamera mahal kok bisa berembun?” , “kamera CCTVnya kan mahal dan canggih lha kok bisa sih?”.

Baca Juga : Gangguan Yang Sering Terjadi Pada CCTV

Dari sekian pertanyaan lagi yang secara garis besar hampir sama dengan pertanyaan yang telah kami kutip di atas. Yang ingin kami tekankan di sini adalah mahal dan canggihnya suatu kamera tidak menjadi patokan mengapa kamera dapat mengalami permasalahan berembun. Karena kamera berembun merupakan faktor alami, jadi tidak unsur kesalahan yang dibawa dari produsen/ pabrik kamera.

Mengapa Kamera CCTV Berembun?

Sebagai contohnya: ketika kita mengendarai mobil saat hujan dan AC mobil berhenti bekerja, maka embun akan menyelimuti seluruh kaca mobil. Demikian pula dengan air es yang kita tuang ke dalam gelas, maka setelah beberapa saat bagian luar akan basah, bukan? Inilah peristiwa pengembunan atau kondensasi. Embun adalah peristiwa perubahan wujud dari uap menjadi cair akibat perbedaan suhu, semakin besar perbedaan suhunya maka terjadilah tetesan-tetesan air.

c19zx2e824850bip7

Kembali pada kasus CCTV saat terjadi hujan, maka suhu di luar akan menjadi dingin sementara suhu di dalam kamera lebih hangat. Ini normal karena suhu kamera menghangat akibat kerja dari rangkaian elektronik. Oleh sebab itulah terjadi pengembunan. Sebenarnya ini peristiwa lumrah, namun cukup mengganggu. Setiap pabrik memiliki cara masing-masing untuk mengantisipasi hal ini. Misalnya dengan memasang pipa kapiler, memperbaiki material, mengurangi disipasi daya agar rangkaian tidak panas serta upaya lainnya. Akan tetapi adakalanya masalah ini masih menggelayuti sebagian produk walaupun skalanya tidak besar.

Baca Juga : Mengatasi Gangguan Camera CCTV

Nah, jika mengalami masalah ini, cobalah untuk memasang silica gel dalam kamera. Silica gel seperti ini banyak kita temukan pada kemasan kapsul obat, dus sepatu ataupun produk elektronik. Ciri khasnya yang berupa peringatan “do not eat”. Jika bisa membeli, belilah silica gel yang baru, lalu pasanglah di dalam camera dengan bantuan double tape.

54c9747317a53_-_silica_packet_0410-lg

Silica gel tidak boleh lama-lama terekspos ke udara bebas, karena kemampuannya menyerap uap air akan berkurang. Tapi perlu di ingat, pada sebagian casing produk waterproof camera di sana tertulis “do not open”. Untuk camera jenis ini kita tidak sarankan untuk membukanya karena bisa merusak garansi. Kecuali jika memang sudah mengalami pengembunan dan kita bermaksud untuk memasukkan silica gel ke dalamnya.

Baca Juga : Cara Paling Ampuh Merawat Kamera CCTV

Demikian tips mengatasi kamera berembun yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat!

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *