21 Juli 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Ini Dia Cara Mengetahui Lama Rekaman CCTV Dapat Bertahan
Ini Dia Cara Mengetahui Lama Rekaman CCTV Dapat Bertahan

Ini Dia Cara Mengetahui Lama Rekaman CCTV Dapat Bertahan – Pertanyaan ini seringkali muncul, terlebih untuk Anda yang belum terbiasa menggunakan CCTV sebagai kamera pengawas. CCTV terdiri dari beberapa perangkat pendukung, yakni kamera CCTV, DVR, power supply, konektor, kabel, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Apakah Rekaman CCTV Bisa Hilang?

Masing-masing perangkat memiliki fungsi dan tugas yang berjalan bersamaan dalam satu waktu agar proses pengawasan dan perekaman berjalan dengan baik. Misalnya, perangkat DVR (Digital Video Recorder) memiliki fungsi untuk mengolah rekaman dari kamera pengawas ke dalam bentuk digital lalu mengirimnya ke layar monitor CCTV, serta menyimpan rekaman CCTV ke dalam hard disk yang terpasang di dalam DVR.

DVR bekerja secara terus-menerus tanpa henti selama 24 jam untuk mengolah dan menyimpan rekaman CCTV ke dalam hard disk. Dengan intensitas penggunaan yang tinggi, maka data yang tersimpan dalam hard disk juga cepat menumpuk antara satu sama lain.

Lalu, apa efek dari penumpukan data rekaman CCTV?

Hilangnya Rekaman CCTV

Hard disk pada DVR memiliki batas kemampuan yang berbeda-beda, bergantung pada besar kecilnya memori yang disediakan. Misal, 64 GB, 1 TB, hingga 4 TB. Kualitas dan resolusi gambar juga berpengaruh pada penyimpanan ini.

Semakin baik kualitas gambar dan semakin tinggi resolusinya, maka semakin besar pula ukuran file yang harus disimpan. Maka, semakin sedikit pula ruang tersisa dalam hard disk untuk melakukan penyimpanan selama 24 jam penuh.

Dampaknya, rekaman kamera pengawas akan mudah hilang karena otomatis terhapus oleh hard disk guna memberi ruang lebih untuk menyimpan rekaman selanjutnya. Rekaman CCTV yang hilang akan sangat merugikan apabila rekaman tersebut berkaitan dengan sesuatu yang penting, misalnya tindak kejahatan atau barang yang hilang.

Untuk mencegahnya, Anda dapat melakukan back-up file rekaman. Yakni memindahkan beberapa data rekaman CCTV lama ke perangkat dengan ruang penyimpanan yang lebih besar, seperti komputer, PC, tab, atau hard disk lain dengan ukuran yang lebih besar.

Penyebab hilangnya rekaman kamera pengawas juga bisa karena overheat atau penumpukan panas di hard disk yang menyebabkan gangguan hingga kerusakan pada hard disk. Kerusakan ini bisa membuat data tercerai-berai, corrupt, hingga berkurang kualitasnya.

Lalu, berapa lama rekaman CCTV bertahan?

Masa Ketahanan Rekaman CCTV

Sebelum mengetahui masa ketahanan rekaman kamera pengawas, pastikan apakah rekaman tersimpan dalam DVR atau NVR, atau tersimpan dalam microSD. Masing-masing tempat penyimpanan ini memiliki ketersediaan ruang dan masa ketahanan yang berbeda-beda.

Suatu rekaman kamera pengawas akan bertahan dalam hard disk hingga tempat penyimpanan tersebut penuh. Tapi, Anda tidak perlu menunggu hingga hard disk penuh untuk memindahkan rekaman CCTV. Semakin sering hard disk mengalami overload atau terlalu banyak file yang tersimpan, maka semakin rentan hard disk untuk mengalami kerusakan.

Baca Juga : Apa Penyebab Harddisk CCTV Cepat Penuh?

Hard disk yang beredar dan CCTV gunakan kebanyakan masih menggunakan hard disk untuk PC. Dalam PC atau komputer, hard disk lebih banyak terbaca daripada menulis dan menyimpan data seperti pada CCTV. Perbedaan yang signifikan ini membuat kinerja hard disk sangat berbeda dan mudah rusak dalam penggunaan CCTV.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda dapat menggunakan hard disk yang memang khusus untuk penggunaan CCTV. Dalam PC atau komputer, hard disk tidak bekerja selama 24 jam penuh, melainkan sesuai dengan penggunaan dari pemilik. Pun, suatu komputer tidak pernah berfungsi selama 24 jam non-stop.

Hard disk khusus untuk CCTV memang tahan terhadap overheat sehingga memungkinkan perangkat tersebut untuk digunakan dengan intensitas tinggi.

Baca Juga : Harddisk Tidak Terbaca Pada DVR

Sekarang, mari menghitung masa ketahanan rekaman CCTV pada hard disk. Umumnya, hard disk dengan daya simpan 512 GB bisa merekam 4 kamera CCTV atau 4 channel kamera hingga 7 hari atau satu minggu lamanya.

Yang artinya:

  • 512 GB dibagi 4 = 128. Maka, untuk satu kamera CCTV, memerlukan setidaknya 128 GB memori untuk melakukan perekaman selama 7 hari.
  • 128 GB dibagi 7 = 18.2 GB. Maka untuk merekam dalam satu hari atau 24 jam, CCTV memerlukan ketersediaan memori hingga 18 GB.

Penghitungan di atas hanya hitungan kasar dan harus melihat ke jenis CCTV yang Anda gunakan, berapa FPS yang ada, kualitas video yang kamera pengawas gunakan – MKV, MP4, H256, dan resolusi rekaman video yang ada.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *