23 April 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Fungsi DVR Yang Perlu Kamu Tahu
fungsi dvr

Fungsi DVR Yang Perlu Kamu Tahu DVR merupakan bagian dari keseluruhan perangkat CCTV, dimana perangkat tersebut mempunyai fungsi untuk menyimpan rekaman video yang ditangkap oleh kamera CCTV. Selain fungsi utama tersebut, terdapat beberapa fungsi lainnya yang didasarkan pada jenis dari DVR tersebut.

Artikel kali ini akan membahas jenis-jenis DVR beserta fungsinya dalam CCTV. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Fungsi DVR

Telah kami jelaskan sebelumnya bahwa fungsi DVR CCTV adalah untuk menyimpan rekaman video dari kamera dan mengolahnya ke dalam bentuk digital. DVR mempunyai fitur multiplexing yang memungkinkan perangkat tersebut untuk melakukan monitoring dan merekam dalam split screen secara simultan.

Baca Juga : Harddisk Tidak Terbaca Pada DVR

DVR juga dapat terhubung dengan jaringan internet yang memungkinkan pemilik memantau langsung atau secara real time rekaman CCTV dan memudahkan dalam back up file rekaman.

Saat ini, DVR dapat berfungsi sebagai perangkat yang menyediakan layanan tertentu. Antara lain:

1. IP Camera Support

Fungsi ini dapat bekerja apabila perangkat DVR terhubung dengan jaringan internet atau jaringan LAN. Koneksi jaringan tersebut memungkinkan pemilik CCTV untuk melakukan pemantauan secara real-time atau secara langsung menggunakan gadget – seperti smartphone berbasis iOS dan Android, tab, laptop maupun komputer.

Sekarang ini, DVR juga telah lengkap dengan aplikasi VMS yang memungkinkan CCTV dapat beroperasi melalui Android, Linux, Mac OS, Browser dan Windows.

2. HD DVR

Fitur ini membuat DVR mampu menerima gambar video dengan resolusi tinggi atau High Definition – 720 piksel hingga 1080 piksel, yang berasal dari teknologi AHD dan HD-TV. Sebelum menggunakan fitur ini, ada baiknya Anda menyesuaikan spesifikasi DVR dengan kamera CCTV karena tidak semua DVR memiliki kemampuan dan penyesuaian yang serupa.

Ukuran dari gambar video umumnya tersedia dalam kode-kode berikut ini:

  • HD 720p
  • Full HD / 1080p
  • D1 Resolution
  • CIF Resolution
  • QCIF Resolution

3. H.264 / MPEG – 4 DVR

Kode di atas merupakan format video dengan kompresi tinggi, yang ditetapkan oleh suatu organisasi standar internasional ISO-IEC dan ITU-T. Fitur tersebut bisa memberikan video dengan kualitas tinggi dengan data file berukuran rendah atau kecil. DVR dengan fitur ini memberi encoding yang lebih baik serta transmisi data yang lebih efisien, hingga memungkinkan penghematan penyimpanan atau storage.

Jenis-Jenis Fungsi DVR CCTV

Berdasarkan fungsi dan jenisnya, DVR dapat terbagi dalam tiga kategori. Antara lain:

1. Analog DVR 4 Channel

Sesuai dengan namanya, DVR 4 Channel hanya bisa Anda akses menggunakan 4 saluran video saja. DVR dengan jenis ini sangat cocok untuk pengawasan menggunakan kamera CCTV dengan skala kecil. Seperti hunian rumah, toko, kantor berskala kecil, hingga gudang.

Untuk Anda yang memiliki budget terbatas, bisa menggunakan Analog DVR 4 Channel sebagai pilihan. Harganya yang terjangkau dengan fitur lengkap – seperti port USB, remote control dan format H.264, sangat memudahkan pengguna.

2. Analog DVR 8 Channel

Jika sebelumnya hanya mampu dengan 4 channel, maka jenis ini dapat memuat 8 saluran video dengan memori penyimpanan yang lebih besar. Analog DVR 8 Channel sangat cocok penggunaannya untuk lingkungan perumahan, toko ritel hingga komersial skala menengah.

Fitur yang tersedia juga serupa dengan jenis DVR 4 Channel, yakni tersedianya kontrol jarak jauh, DVD, back up data, port USB, serta format kamera yang tinggi yaitu H.264.

2. Digital Video Recorder DVR 16 Channel

Jenis DVR ketiga ini bisa menghubungkan 16 channel atau saluran kamera CCTV dalam satu perangkat DVR. Dengan jumlah tersebut, DVR 16 Channel sangat cocok penggunannya dalam perkantoran, mall, pabrik, gudang, serta berbagai fasilitas umum.

Jumlah 16 channel ini semakin memperbesar memori penyimpanan DVR untuk rekaman kamera CCTV. Selain itu, fitur yang disediakan antara lain adanya port USB, DVD, kontrol jarak jauh, serta format kompresi H.264.

Baca Juga : Rahasia DVR Dalam Perangkat CCTV

Memilih DVR yang tepat perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan budget dari pemilik. Sebelum memilih, tentukan terlebih dahulu kamera yang akan Anda gunakan serta kapasitas memori yang Anda inginkan. Semoga penjelasan di atas dapat menambah informasi untuk para pembaca, ya!

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *