28 April 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Tips Agar Kabel CCTV Tidak Cepat Rusak
kabel cctv tidak cepat rusak

Tips Agar Kabel CCTV Tidak Cepat Rusak – Untuk bisa menggunakan sesuatu dalam jangka waktu yang lama, kita perlu merawat dan memilih yang berkualitas baik sehingga memiliki ketahanan penyimpanan dan penggunaan dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga : Jarak Maksimum Kabel DC Power Kamera CCTV

Sama hal nya dengan kabel CCTV. Untuk dapat menggunakan kabel CCTV dalam jangka waktu yang lama tanpa ada kerusakan serius, maka Anda harus memilih kabel berkualitas baik dan merawat kabel agar tidak mudah rusak.

Pada artikel kali ini, kami akan memberi sedikit tips dan trik bagaimana memilih dan merawat kabel CCTV agar dapat Anda gunakan dalam waktu lama dan tidak cepat rusak. Selengkapnya ada di bawah ini, ya!

Tips Memilih Kabel CCTV

Dalam penggunaannya, kabel CCTV yang umum orang gunakan yakni kabel coaxial model RG6. Seiring berkembangnya teknologi, kabel coaxial berkembang dengan adanya kabel yang khusus untuk jaringan CCTV, yakni kabel coaxial RG59.

Kabel coaxial RG59 khusus untuk CCTV lengkap dengan kabel power guna mengalirkan arus listrik ke kamera CCTV secara terpusat menggunakan power supply khusus untuk CCTV.

Tips Memilih Kabel CCTV Analog

Dengan banyaknya merk dan jenis CCTV di pasaran, maka beragam pula pilihan kabel yang produsen tawarkan. Mulai dari yang paling murah hingga paling mahal. Sebelum Anda membeli dan memilih kabel CCTV, ada baiknya memilih dengan kategori seperti di bawah ini:

  • Kabel yang diproduksi oleh merk terkenal dengan kualitasnya
  • Tidak memilih serabut kabel coaxial yang terlalu tipis
  • Tidak memilih serabut kabel coaxial yang mudah rontok
  • Kabel power tidak lembek atau memiliki ketahanan yang kokoh
  • Isolator kabel power tidak mudah robek
  • Isolator tidak mudah sobek

Tips Memilih Kabel CCTV Analog RG59

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kabel coaxial RB59 merupakan kabel yang khusus untuk penggunaan CCTV. Kabel ini memiliki spesifikasi yang lebih baik dari jenis sebelumnya sehingga lebih mudah untuk Anda gunakan dan tahan lama.

Untuk membeli kabel jenis RG59, pilihlah kabel yang diproduksi oleh produsen yang terkenal mempunyai kualitas prima, seperti merk LS Cable & System dari LG. Kabel produksi LG ini memiliki kualitas yang baik dengan inner kabel yang bagus, serabut kabel tidak mudah putus dan rontok, ukuran kabel yang pas, shield berupa aluminium foil yang lebih tahan lama dari plastik, serta isolator kabel power yang kokoh.

Dengan spesifikasi tersebut, kabel coaxial RG59 tentu lebih tahan lama dan awet untuk Anda gunakan

dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga : Jenis-Jenis Kabel Untuk CCTV

Harga dan Merk Kabel CCTV

Dengan jenis yang beragam, tentu kabel CCTV memiliki harga yang bermacam-macam bergantung pada merk, kualitas dan spesifikasi dari kabel tersebut. Perlu Anda ingat, dalam membeli suatu produk ada baiknya Anda menyesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan dana atau budget sehingga tidak perlu sampai menguras kantong dan fungsi dari produk akan lebih efektif.

Adapun merk dan jenis harga kabel CCTV adalah sebagai berikut:

  • Kabel RG59 Merk Campur tersedia dengan harga mulai dari Rp 2.500/meter
  • Kabel RG59 SPC tersedia dengan harga mulai dari Rp 3.000/meter
  • dan kabel RG59 LS Cable & System tersedia dengan harga mulai dari Rp 3.000/meter

Anda dapat membeli kabel secara eceran dengan harga per meter, atau juga bisa membeli satu roll dengan panjang 300 meter dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga eceran.

Bagaimana Merawat Kabel CCTV agar Awet?

Kabel CCTV dengan kualitas dan spesifikasi yang baik juga akan tahan lama saat Anda gunakan. Namun, kita juga perlu menjaga kabel dari kerusakan internal maupun eksternal.

Kerusakan internal pada kabel dapat karena oleh korsleting yang terjadi saat adanya arus listrik yang mengaliri kabel. Jika kabel mengalami korsleting, cara yang paling tepat sebagai solusi yakni mengganti kabel dengan yang baru. Korsleting kabel dapat sangat berbahaya apabila terdapat percikan api yang bisa merambat ke benda-benda mudah terbakar.

Kerusakan faktor eksternal yakni karena oleh gigitan hewan pengerat, termakan rayap ataupun terkena benturan benda tajam hingga menyobek bagian dalam kabel. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa memberi selubung pelindung sepanjang kabel terpasang. Anda bisa memilih selubung berbahan fiber yang kuat, hingga besi yang memiliki ketahanan dari gigitan rayap dan hewan pengerat.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *