29 April 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Apakah CCTV akan Tetap Menyala Saat Mati Lampu?
cctv mati lampu

Apakah CCTV akan Tetap Menyala Saat Mati Lampu? – Dulu CCTV seperti kebutuhan tersier atau kebutuhan yang sifatnya eksklusif. Namun saat ini CCTVmenjadi salah satu kebutuhan penting dalam berbagai fungsi.

Contohnya penggunaan di jalan raya untuk mengetahui kemacetan di ruas jalan utama. Hingga memantau apakah ada pengendara yang melanggar peraturan lalu lintas. Penggunaan di pusat perbelanjaan untuk memantau apakah ada tindak kejahatan di tengah pengunjung. Selain itu juga memantau barang yang mungkin tertinggal, hingga penggunaan di rumah untuk memastikan keamanan rumah dan memantau aktivitas anggota keluarga.

Baca Juga : Cara Mengetahui CCTV Sedang Aktif Atau Tidak

Di Indonesia, pemadaman listrik terjadi sewaktu-waktu dan dalam jangka waktu yang tidak dapat diperkirakan. Bisa satu jam, dua jam, atau sehari penuh, bergantung pada kondisi yang ada. Saat musim hujan, listrik seringkali padam akibat cuaca yang tidak mendukung.

CCTV Mati Lampu

Dengan banyak fungsi yang CCTV hadirkan dan semakin tingginya penggunaan perangkat tersebut, banyak juga masalah yang pemilik CCTV hadapi. Salah satunya saat listrik di sekitar pemasangan CCTV mengalami mati listrik, maka dapat menghambat kinerja CCTV yang terhubung langsung dengan sumber listrik.

Apakah CCTV masih bisa menyala jika listrik padam? Jawabannya, bisa.

Artikel kali ini akan membahas bagaimana mengatasi CCTV saat pemadaman listrik. Mau tahu? Selengkapnya ada di bawah ini, ya!

Mengatasi CCTV Mati Saat Pemadaman Listrik

Pemasangan CCTV perlu diperhitungkan segalanya, termasuk sumber daya listrik yang akan menunjang kinerja kamera dan perangkat lainnya selama 24 jam penuh. Pada umumnya, masyarakat lebih suka menggunakan sumber listrik langsung daripada menggunakan sumber listrik lainnya untuk menghidupkan CCTV.

Hal ini bisa menjadi kendala tersendiri apabila sumber listrik tidak ada atau saat ada pemadaman listrik. Waktu pemadaman pun sangat tidak menentu, dan juga dapat berpengaruh pada pengawasan keamanan lingkungan sekitar.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan UPS atau Uninterruptible Power Supply. UPS adalah suatu perangkat keras atau hardware yang memiliki fungsi untuk memberi suplai listrik ke perangkat elektronik saat tegangan utama (PLN) mengalami gangguan atau tidak berfungsi.

Apa itu UPS?

Dalam perangkat UPS terdapat baterai yang menyimpan arus listrik dan dapat berfungsi untuk menggantikan arus listrik utama dari PLN. UPS biasanya dijadikan sebagai sumber listrik cadangan untuk berbagai perangkat elektronik dengan memiliki back-up time yang singkat, namun hanya dapat digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Untuk CCTV, perangkat UPS biasanya ditempatkan di DVR atau Digital Video Recorder untuk membantu perangkat DVR menyimpan dan mengolah rekaman dari kamera CCTV dalam beberapa waktu selagi menunggu listrik kembali menyala.

Tegangan atau arus listrik yang tidak stabil dapat menyebabkan perangkat DVR rusak dan mengalami gangguan, salah satunya akibat pemadaman listrik. Di beberapa daerah, pemadaman listrik dapat terjadi beberapa kali dalam sehari yang mengakibatkan banyak alat elektronik menjadi rusak. Hal ini tentu juga dapat berdampak pada perangkat CCTV Anda.

Selain untuk CCTV, UPS dapat menjadi sebagai generator siagar dalam beberapa alat elektronik. Seperti komputer, peralatan listrik, peralatan telekomunikasi, pusat data dan beberapa peralatan listrik lain untuk memastikan tugas dari perangkat tersebut dapat selesai meski terjadi pemadaman listrik.

Ukuran dari UPS sangat beragam, mulai dari unit yang khusus untuk melindungi satu komputer tanpa monitor video, hingga unit besar yang memberi sumber daya listrik untuk seluruh gedung atau pusat data.

Jenis dari UPS terbagi dalam beberapa kategori, antara lain:

  • Standby
  • Line Interactive
  • Double Conversion On-Line
  • Delta Conversion On-Line

Penggunaan UPS untuk CCTV juga harus sesuai dengan jumlah CCTV yang harus menyala meski listrik padam. Misal untuk CCTV di gedung perkantoran, maka sebaiknya menggunakan UPS yang memiliki daya simpan dan daya nyala besar dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga : Penyebab Camera CCTV Mati Di Monitor

Berbeda dengan pemakaian rumahan, maka Anda dapat menggunakan UPS dengan daya dan jangka waktu nyala yang kecil dan singkat sementara menunggu listrik kembali menyala.

Semoga artikel di atas bisa menambah informasi untuk para pembaca sekalian, ya!

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *