19 April 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Ciri-Ciri CCTV Mengalami Kerusakan
ciri ciri cctv rusak

Ciri-Ciri CCTV Mengalami Kerusakan CCTV yang rusak tentu menjadi masalah sendiri bagi kita sebagai pemilik. Fungsi utama pengawasan pada CCTV menjadi tidak efektif dan tidak dapat bekerja dengan efisien. Terlebih, jika daerah CCTV terpasang merupakan daerah rawan. Hati waswas, tapi juga bingung bagaimana membenarkan perangkat keamanan tersebut.

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan CCTV

Kerusakan CCTV sebenarnya ada tanda-tanda atau ciri-ciri yang tidak kita ketahui, hingga pada akhirnya CCTV mengalami kerusakan serius. Hal ini dapat Anda cegah apabila kita mengetahui jenis ciri-ciri dari kerusakan masing-masing perangkat CCTV.

Nah, artikel kali ini akan membahas kerusakan CCTV dan ciri-ciri CCTV rusak agar Anda dapat mencegah kerusakan serius pada perangkat CCTV. Selengkapnya ada di artikel berikut ini, ya!

Ciri-Ciri CCTV Rusak

CCTV terdiri dari beberapa perangkat yang bekerja bersamaan satu dengan yang lain dan saling berkaitan. Apabila satu perangkat mengalami masalah, maka dapat menghambat kinerja perangkat lainnya. Terdapat tiga perangkat utama dari CCTV, yakni kamera, power supply dan DVR. Apabila ketiga perangkat tersebut mengalami kerusakan, maka dapat menghambat hingga menghentikan keseluruhan kinerja CCTV. Akibatnya, fungsi pengawasan semakin terbatas hingga perangkat diperbaiki.

Ciri-Ciri Kerusakan Power Supply

Fungsi utama dari power supply adalah perantara yang mengubah tegangan arus listrik dari AC ke DC dan menjadi penyuplai arus listrik ke kamera CCTV. Terdapat beberapa jenis kapasitas power supply, seperti 10A, 20A, dan 30A yang masing-masing bertegangan 5 volt.

Jika power supply mengalami gangguan, maka dapat menghambat kinerja kamera CCTV dalam merekam video dan suara nantinya. Resiko terburuk, kerusakan power supply dapat menimbulkan kerusakan pada kamera CCTV akibat turunnya tegangan dan membuat kamera mengalami gangguan.

Kerusakan power supply juga menjadi salah satu sumber utama dari kerusakan CCTV. Fungsinya sebagai penghantar listrik sangat mempengaruhi kinerja kamera CCTV. Penyebab utama dari kerusakan pada power supply salah satunya adalah tidak stabilnya tegangan listrik di rumah, kantor, atau tempat terpasang perangkat CCTV.

Adapun ciri-ciri kerusakan pada power supply adalah muncul bau menyengat pada perangkat yang hangus, adanya sekring listrik yang putus, hingga lampu indikator pada power supply yang tidak menyala. Apabila Anda ingin mengganti power supply yang mengalami kerusakan, harga perangkat tersebut cenderung terjangkau dengan kisaran harga 90 hingga 300 ribu bergantung pada jenis dan kapasitasnya.

Sebelum mengganti, pastikan apakah power supply benar-benar mengalami kerusakan dengan mengganti sumber listrik kamera CCTV menggunakan adaptor. Jika kamera berfungsi dengan baik, maka dapat Anda pastikan power supply mengalami gangguan.

Ciri-Ciri  Kerusakan DVR

DVR atau Digital Video Recorder berfungsi sebagai perekam gambar dan suara yang tertangkap oleh kamera CCTV. Di dalamnya, terdapat hard disk yang berguna sebagai tempat penyimpanan rekaman CCTV yang dapat Anda ulang sewaktu-waktu.

Saat ini, sudah banyak teknologi pada DVR yang sangat membantu dalam  pengawasan keamanan. Seperti teknologi Hybrid yang memungkinkan DVR membaca 5 jenis kamera sekaligus dan NVR yang memang khusus ada pada IP Camera berbasis internet.

Kerusakan yang umum terjadi pada DVR yakni kerusakan komponen DVR jack video dari kamera dan chipset yang hangus. Hal ini mungkin terjadi karena perangkat DVR bekerja tanpa henti selama 24 jam sebagai perangkat CCTV.

Ada beberapa tanda yang ditampilkan DVR apabila perangkat tersebut mengalami kerusakan. Seperti DVR blank ketika dihidupkan, salah satu komponen yang menghitam atau hangus di bagian motherboard, perangkat melakukan restart berulang kali, DVR tidak bisa merekam atau tidak ada hasil rekaman meski hard disk terpasang dengan baik dan layar yang menampilkan warna-warni statis. Terkadang juga terdengar suara beep secara konstan dari perangkat DVR saat mengalami kerusakan.

Apabila kerusakan terjadi pada hardware, maka Anda dapat menggantinya dengan hardware baru. Di sisi lain, jika software yang mengalami kerusakan, maka Anda dapat melakukan hard reset komponen pada bagian motherboard.

Ciri-Ciri Kerusakan Kamera CCTV

Kerusakan pada kamera dapat terjadi akibat pengaruh internal maupun eksternal. Secara internal, misalnya, karena lemahnya tegangan listrik dari power supply menuju kamera sehingga kamera tidak dapat bekerja dengan baik. Eksternal dapat terjadi akibat cuaca, seperti terkena terik matahari langsung secara berkala sehingga melemahkan lensa kamera, terkena air hujan terus-menerus, atau rusak secara sengaja.

Baca Juga : Tips Memilih CCTV Yang Tepat

Pastikan terlebih dahulu apakah terdapat frekuensi tinggi yang bisa menyebabkan kamera mengalami kerusakan, apakah power supply bekerja dengan baik atau tidak dan lihat sekitar kamera apakah ada jejak gangguan dan kerusakan lainnya.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *