29 April 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Ingin Membeli CCTV? Berikut Tips Memilih CCTV yang Harus Kamu Tahu
tips memilih cctv

Ingin Membeli CCTV? Berikut Tips Memilih CCTV yang Harus Kamu Tahu – Jika dekat-dekat ini Anda akan membeli CCTV, maka artikel ini sangat pas untuk Anda. Saat ini sangat mudah menemukan toko atau perusahaan yang jual CCTV dengan beragam fasilitas dan harga sesuai dengan kebutuhan konsumen. Tapi, sebagai calon pengguna Anda perlu mengetahui hal-hal berikut.

Baca Juga : Hati-Hati Penipuan! Ini Cara Memilih Tempat Untuk Membeli CCTV

Apa saja? Berikut adalah tips memilih CCTV yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda!

Tips Memilih CCTV

1. Mempersiapkan Tempat Pemasangan CCTV

Sebelumnya, tentukan mana dulu yang akan Anda pasang CCTV. Umumnya masyarakat awam memasang CCTV untuk area bisnis atau rumah guna mengawasi keamanan lingkungan sekitar. Tentukan area yang strategis untuk memasang CCTV Anda nantinya. Jika bingung, Anda dapat bertanya ke pihak yang menyediakan jasa jual dan pasang CCTV.

Sebaiknya Anda menempatkan CCTV di wilayah yang menjadi prioritas utama. Jika di rumah, Anda dapat memprioritaskan area pintu depan dan pintu belakang yang mana banyak orang masuk dan keluar melalui jalan tersebut. Untuk bisnis, Anda bisa memprioritaskan pintu masuk dan area kasir atau pembayaran untuk meminimalisir tindak kejahatan.

Baca Juga : Cara Mudah Untuk Memasang CCTV

Apabila ingin memasang CCTV dalam ruangan, maka Anda dapat menggunakan CCTV indoor. Sebaliknya, jika membutuhkan pemasangan di luar ruangan maka Anda dapat menggunakan CCTV outdoor. Masing-masing kamera memiliki keunggulan. Misalnya, CCTV indoor memiliki daya jangkau gambar yang lebih luas sedangkan CCTV outdoor dapat merekam gambar dengan pencahayaan yang minim berkat fitur night vision dan infrared.

2. Instalasi Kamera

Sebelum betul-betul memasang kamera, Anda dapat melakukan uji peralatan guna memastikan perangkat CCTV bekerja dengan baik atau tidak. Pastikan kabel, kamera dan DVR benar-benar berfungsi dengan baik.

Lalu, pilih sudut yang strategis dan tepat guna menjangkau cakupan wilayah yang luas dalam rekaman kamera CCTV. Umumnya, kamera CCTV terpasang pada sudut plafon dinding dengan tinggi tertentu, bergantung dari ketinggian masing-masing tempat pemasangan.

Apabila kamera akan Anda pasang di luar ruangan, tempatkan kamera dengan ketinggian sekitar 3 meter untuk keluar dari jangkauan tangan manusia. Selanjutnya, letakkan kamera di dinding dan lakukan hal-hal berikut:

  • Tempatkan dukungan pada tempat yang sudah Anda pilih
  • Buat tanda di dinding untuk menempatkan paku atau sekrup menggunakan spidol atau pulpen
  • Lubangi dinding dengan bor sebagai tempat sekrup
  • Dengan bantuan palu, tempatkan pin moulding di tempat yang tersedia
  • Posisikan sekrup di tempat yang Anda inginkan dan tempelkan rakitan di dinding
  • Pasang kamera dengan menyesuaikan sudut dan arah yang Anda inginkan

Setelah kamera CCTV terpasang dengan baik, maka saatnya beralih ke penghubungan perangkat pendukung. Seperti menghubungkan DVR ke kamera CCTV menggunakan kabel BNC, menghubungkan DVR ke monitor dengan kabel dan pastikan semua terkoneksi dengan baik.

3. Resolusi Kamera

Kamera CCTV memiliki jenis-jenis kualitas yang berbeda antara satu dengan yang lain. Misalnya, dengan kualitas HD atau TVL. Pemilihan ini juga disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang tersedia agar kamera berjalan dengan efektif.

Apabila Anda menginginkan resolusi gambar yang detail dan jelas, maka pilih kamera CCTV dengan definisi HD yang tinggi. Misalnya dengan resolusi 1080p. Terdapat juga jenis TVL yang tidak kalah baiknya dengan resolusi HD. Jika Anda menginginkan gambaran yang baik, maka dapat pilih kamera dengan resolusi TVL minimal 600 TVL.

4. Penempatan DVR

DVR atau Digital Video Recorder adalah perangkat penting yang fungsinya merekam gambaran kamera CCTV. Untuk pemakaian rumahan, DVR umumnya ditempatkan di kamar tidur pemilik rumah atau tempat lain yang sering dikunjungi oleh pemilik rumah namun jauh dari jangkauan umum.

Baca Juga : Rahasia DVR Dalam Perangkat CCTV

Untuk pemakaian kantor atau toko, biasanya DVR ditempatkan di ruang direksi atau personalia. Penempatan DVR sama krusialnya dengan penempatan kamera CCTV karena DVR menyimpan hasil rekaman kamera. Pastikan Anda menempatkan DVR di ruangan atau tempat yang hanya orang tertentu yang dapat mengaksesnya dan jauh dari jangkauan umum.

Sangat berbahaya apabila isi DVR disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab, terlebih jika terdapat tindak kriminal yang merugikan.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *