27 April 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Tips Memasang CCTV di Rumah
tips memasang cctv

Tips Memasang CCTV di Rumah – Sedang berencana untuk memasang CCTV di rumah? Keputusan yang sangat baik! Anda bisa menggunakan CCTV sebagai bantuan pengawasan di lingkungan tempat tinggal. Juga, CCTV dapat membantu Anda memantau kinerja asisten rumah tangga hingga mengawasi anak-anak ketika Anda sedang tidak berada di rumah.

Baca Juga : Posisi Terbaik Untuk Memasang CCTV

Sebelum memutuskan membeli CCTV jenis apa yang ingin Anda gunakan, kami akan beri sedikit informasi seputar pasang CCTV di rumah. Apa saja tips memasang CCTV untuk di rumah? Selengkapnya ada di bawah ini, ya!

1.  Sesuaikan dengan Budget

Hal pertama yang harus menjadi pertimbangan adalah budget atau biaya yang Anda miliki untuk beli dan pasang CCTV. Perangkat pengawasan tersebut memiliki beragam jenis dan fitur yang beragam pula harga yang dimiliki. Mulai dari yang murah hingga yang mahal, semua ada disini.

Apabila Anda mengalokasikan dana pasang CCTV secara minim, maka jangan memilih kamera CCTV dengan resolusi tinggi karena memiliki harga yang mahal. Sebagai alternatif, Anda dapat memilih jenis kamera yang beresolusi rendah atau kamera TVL yang lebih rendah.

Sebagai contoh, Anda dapat memilih IP Camera atau kamera dengan Internet Protocol yang bisa dibeli dengan harga terjangkau dengan fungsi yang beragam. Kamera jenis ini memadukan kamera dengan komputer, dimana Anda dapat mengakses informasi kamera menggunakan jaringan internet.

Dengan penggunaan internet ini, juga memudahkan Anda dalam pemantauan jarak jauh. Sangat cocok untuk Anda yang sering berpergian dan menghabiskan waktu lebih banyak di luar rumah. Jadi, Anda bisa memantau hunian kapanpun dan dimanapun.

2. Posisi Peletakan Kamera

Yang kedua adalah pemilihan posisi pasang CCTV, apakah Anda akan memasang di luar ruangan atau di dalam ruangan. Jika Anda memilih luar ruangan, maka Anda dapat menggunakan kamera CCTV outdoor. Sebaliknya, gunakan kamera CCTV outdoor untuk penggunaan di luar ruangan.

Kamera CCTV outdoor memiliki keunggulan yang mampu mengatur eksposur cahaya matahari sehingga menghasilkan gambar yang jelas. Jenis ini juga mempunyai LED infrared yang lebih banyak dari jenis indoor. Fungsi infrared adalah untuk menghasilkan gambar yang jernih meski minim cahaya atau saat malam hari.

Baca Juga : Perlukah Memasang CCTV Di Lingkungan Sekolah?

Kamera CCTV outdoor juga lebih tahan terhadap cuaca atau weather-proof. Yakni dengan pelindung berbahan plastik fiber yang berguna menghalau sinar matahari, air hujan dan gangguan lainnya.

Sedangkan kamera CCTV indoor ada yang memiliki infrared dan ada juga yang tidak. Apabila Anda akan memasang kamera ini di dalam ruangan dengan pencahayaan yang cukup, maka pilih kamera non-infrared. Juga, kamera indoor lengkap dengan fitur ICR (IR CUT Filter) yang mampu merubah gambar gelap menjadi lebih terang.

3. Pemilihan Spesifikasi Kamera

Pasang CCTV berarti Anda harus mengetahui dengan pasti spesifikasi yang paling cocok untuk tempat yang akan terpasang CCTV. Anda dapat melakukan riset spesifikasi kamera dengan melihat rincian kekuatan kamera, resolusi gambar, daya tahan serta aksesoris pelengkapnya.

4. Menyesuaikan Kamera dengan Lokasi dan Fungsi

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, kamera CCTV memiliki fungsi yang beragam tidak berbatas pada pengawasan keamanan. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan pilihan kamera berdasarkan fungsi dan lokasi pemasangan CCTV nantinya.

5. Konektivitas dan Power Source

Ada beberapa jenis kamera yang beroperasi dengan jaringan WiFi rumah. Hal ini berarti mengharuskan adanya koneksi internet yang stabil sebagai power source atau sumber daya dari kamera nantinya. Selain itu, perhatikan juga lokasi serta router atau wireless access point agar kamera dapat beroperasi dengan baik.

5. Kapasitas Penyimpanan

Selain kualitas dan fitur kamera, hal yang perlu Anda perhatikan yakni kapasitas penyimpanan yang tersedia. Setiap kamera CCTV mempunyai kapasitas yang beragam, bergantung pada jenis dan bawaan dari pabrik. Mayoritas kamera CCTV mampu menyimpan rekaman video hingga 30 hari sebelum nantinya akan menghapus secara otomatis guna memberi ruang pada rekaman selanjutnya.

Baca Juga : Perlukah Memasang CCTV Di Lingkungan Sekolah?

Untuk pemakaian yang lama, Anda dapat memilih kamera dengan sistem penyimpanan Cloud, yang mana rekaman video tersimpan di server dan akses dengan mudah menggunakan jaringan internet. Jadi, rekaman lebih tahan lama dan Anda tidak perlu pusing menghapusnya.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *