28 April 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Perhatikan Hal Berikut Sebelum Memasang CCTV
memasang cctv

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Memasang CCTV – Apakah dalam waktu dekat Anda akan menggunakan CCTV sebagai perangkat keamanan? Atau untuk mengawasi kinerja karyawan di toko? Atau mungkin untuk mengawasi hewan peliharaan? Sudahkah Anda yakin untuk memasang CCTV? Karena itu adalah keputusan yang tepat. Semua bisa dilakukan dengan CCTV.

Baca Juga : Posisi Terbaik Untuk Memasang CCTV

Tapi, sebelum Anda memutuskan untuk memasang CCTV, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini.

1. Perangkat Pelengkap CCTV

Pasang CCTV berarti Anda harus melakukan riset terlebih dulu untuk mengetahui spesifikasi lengkap perangkap CCTV. Mulai kualitas kamera, hingga perangkat pelengkap yang membantu kinerja CCTV nantinya.

Perangkat CCTV tidak hanya kamera dan layar pemantau saja, terdapat juga hard disk sebagai penyimpan memori rekaman, DVR sebagai perekam gambar dari kamera, adaptor, kabel koneksi hingga internet atau WiFi. Juga terdapat beberapa jenis kamera CCTV yang memerlukan tabung pelindung khusus agar terhindar dari kotoran, terik matahari dan air hujan.

Lakukan riset terlebih dulu jenis CCTV apa yang cocok untuk kebutuhan dan budget yang Anda miliki sebelum membeli, ya!

2. Jenis Kamera

Meski memiliki fungsi yang sama, ternyata kamera CCTV terdiri dari beberapa jenis yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Perbedaan ini dapat dibedakan berdasarkan kebutuhan tempat, fungsi, dan waktu. Untuk rumah, Anda tidak bisa menggunakan kamera CCTV untuk bank dan begitu pula sebaliknya. Atau jika Anda memilih kamera CCTV hanya untuk malam hari, maka kamera akan susah menangkap gambar di siang hari akibat perbedaan waktu dan kegunaan.

Baca Juga : Kenali Jenis, Bentuk, Serta Fungsi CCTV

Kamera CCTV lengkap dan memiliki beberapa fitur. Seperti kualitas gambar yang berbeda antara satu kamera dengan kamera yang lain, terdapat night vision yang memungkinkan kamera menangkap gambar dengan penerangan terbatas, hingga fitur infrared untuk menangkap gambar dengan frekuensi atau panas tertentu. Dengan banyaknya pilihan, diharapkan Anda bijak memilih kamera CCTV sesuai dengan kebutuhan agar CCTV dapat bekerja dengan optimal dan sesuai kegunaannya.

3. Etika Pasang CCTV

Sebelum memutuskan pasang CCTV, ada baiknya Anda berkonsultasi atau menginformasikan anggota rumah lainnya jika Anda akan memasang CCTV di area rumah. Jelaskan dengan baik tujuan dan maksud dari pemasangan kamera tersebut agar semua merasa aman dan nyaman meski dalam pemantauan.

Baca Juga : Tips Memasang CCTV Di Rumah

Sama halnya dengan pemasangan CCTV di area kantor atau toko, Anda terlebih dahulu menginformasikan siapa saja yang ada di ruangan yang sama dengan Anda agar merasa aman dan nyaman.

4. Pilih Perusahaan CCTV Terpercaya

Sekarang ini sangat mudah mencari jasa pasang CCTV di seluruh wilayah Indonesia. Mulai dari perusahaan kecil hingga besar, penggunaan kamera berstandar minimal atau impor dari luar negeri dengan kualitas tertinggi. Namun yang paling penting adalah apakah perusahaan tersebut memiliki reputasi yang baik atau tidak.

Meski membanderol jasa dengan harga yang tinggi agar terlihat professional, tidak jarang ada oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan pasang CCTV dengan menjual informasi atau rekaman gambar ke pihak lain. Jadi, sebelum memutuskan memasang CCTV, periksa dulu latar belakang dan track record dari perusahaan tersebut agar kemanan Anda terjamin.

5. Memiliki Dasar Hukum

Apabila Anda memasang CCTV untuk memantau kemanan dan kenyamanan dari wilayah sekitar, maka hal tersebut wajar. Tapi, jika Anda memasang diam-diam untuk merekam hal yang tidak-tidak maka bersiaplah untuk berhadapan dengan penegak hukum beserta Undang-Undang yang mungkin menjerat Anda di lain hari.

Saat ini banyak kasus perekaman illegal yang menyalah gunakan kamera CCTV untuk merekam hal yang tidak seharusnya direkam, bahkan melanggar hak asasi dan kenyamanan pihak lain. Bijaklah dalam menggunakan kamera pengawas dan mari salingmenjaga satu sama lain dari tindak kejahatan yang merugikan.

6. Memperhatikan Resiko

Tidak ada salahnya menempatkan CCTV di luar rumah untuk menjaga area sekitar. Namun harap Anda perhatikan kemanan dari kamera yang Anda pasang. Banyak tangan usil yang merusak bahkan mengambil yang bukan hak nya, salah satunya kamera CCTV. Untuk memperkuat pengamanan, Anda dapat menambahkan pelindung berbahan logam di sekitaran kamera.

Juga cuaca yang tidak menentu dapat merusak kamera. Anda dapat memberi sekat pada kamera untuk melindungi dari terik matahari langsung ataupun dari air hujan.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *