3 Mei 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Yakin CCTV Rumah Menyala? Berikut Cara Mengetahuinya
cctv menyala

Yakin CCTV Rumah Menyala? Berikut Cara Mengetahuinya – Sudah meninggalkan rumah beberapa hari dan waswas CCTV tidak menyala? Atau sedang berpergian ke luar kota tapi takut CCTV tidak beroperasi dengan baik? Atau mungkin takut CCTV di kamar anak tidak bekerja dengan baik?

Semua barang elektronik tentu mengalami eror atau kerusakan yang kadang kita tidak ketahui kapan dan apa alasannya. Tiba-tiba, alat elektronik tidak berfungsi dan malah mempersulit kita dalam berkegiatan. Sama halnya dengan CCTV, perangkat pengawas keaman tersebut juga terkadang mengalami gangguan yang kita tidak ketahui sejak kapan dan bagaimana.

Baca Juga : Ciri-Ciri CCTV Mengalami Kerusakan

Terlebih, kamera CCTV terpasang di ketinggian tertentu yang membuat kita tidak leluasa mengecek apakah perangkat tersebut masih aktif, CCTV offline atau tidak berfungsi, dan mungkin juga mengalami kerusakan akibat hujan maupun terik matahari.

Nah, di artikel kali ini kami akan memberi sedikit tips dan trik mengecek apakah perangkat CCTV offline atau masih bekerja dengan baik. Mau tahu bagaimana? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Cek Layar Monitor

Cara pertama dan paling mudah Anda lakukan adalah mengecek layar monitor CCTV. Apakah terdapat gambar yang direkam? Atau malah layar hanya menampilkan warna hitam? Nah, setelah Anda cek dan masih terdapat gambar rekaman, maka CCTV Anda masih menyala dengan baik.

Beda lagi kalau layar monitor hanya menampilkan warna hitam atau malah gambar statis warna-warni. Maka perlu Anda pastikan apakah CCTV offline, atau terjadi gangguan di perangkat pembantu CCTV lainnya. Kerusakan pada kamera tidak serta merta hanya karena kamera mengalami gangguan, bisa saja karena DVR yang sedang rusak, kabel yang tidak berfungsi dan berada di tempat yang baik, atau justru lemahnya tegangan arus listrik yang dialirkan dari power supply ke kamera CCTV.

Kalau sudah tahu apa penyebabnya, langsung perbaiki perangkat CCTV agar kamera dapat merekam gambar dengan baik seperti semula, ya!

2. Cek Rekaman CCTV

Cara kedua yang masih dapat Anda lakukan dengan perangkat CCTV Anda adalah mengecek rekaman yang ada. Semua gambar dan suara yang direkam oleh kamera akan ditransfer dan diolah di DVR atau Digital Video Recorder. Di DVR, gambar akan diolah kemudian disimpan dalam storage hard disk agar rekaman tersebut dapat Anda putar dan lihat berulang kali sesuai kebutuhan.

Nah, untuk memastikan CCTV offline atau tidak, periksa rekaman pada DVR. Anda bisa meneliti apakah kamera berfungsi dengan baik dari waktu ke waktu dengan memperhatikan kualitas dari gambar yang ada. Jika semakin hari kualitas gambar semakin buruk, maka mungkin ada gangguan terjadi pada kamera CCTV Anda.

Baca Juga : Rekaman CCTV Terhapus? Apa Bisa Dikembalikan?

Sebaliknya, jika kualitas suara dan gambar masih baik-baik saja, maka kamera CCTV masih berfungsi dengan baik dan benar sebagai pengawas keamanan. Bagaimana, mudah kan?

3. Cek Lewat Smartphone

Seperti namanya, smartphone atau ponsel diciptakan dan dirancang agar penggunanya dapat melakukan apa saja dan dimana saja dalam satu waktu. Misalnya, mendengarkan musik sambil mencari tugas kuliah, atau mengecek CCTV sambil rapat online dengan rekan kerja.

Yup! Dengan aplikasi yang semakin canggih, kini Anda bisa mengecek CCTV offline atau tidak hanya dari ponsel pintar. Seperti ponsel berbasis Android atau iOS, tablet, hingga laptop. Aplikasi untuk mengecek CCTV ini bisa dari bawaan kamera yang Anda gunakan atau menghubungkan CCTV dengan aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan kita memantau langsung kondisi sekitar melalui rekaman CCTV. Sudah mudah, cepat dan sangat efisien kan?

4. Cek Infrared Kamera

Cara terakhir cukup susah-susah gampang nih untuk dilakukan. Pastikan dulu apakah kamera CCTV Anda lengkap dengan fitur infrared atau tidak, kalau tidak ada, maka Anda hanya dapat melakukan cek CCTV offline atau tidak dengan ketiga cara di atas.

Kalau kamera Anda lengkap dengan infrared, maka cek di layar monitor. Meski kamera mati, infrared masih menjalankan fungsi sehinga memungkinkan Anda melihat rekaman yang ada. Infrared sendiri berguna menangkap gambar dengan cahaya minim atau saat malam hari, dan menangkap frekuensi tinggi yang tidak dapat tertangkap langsung oleh mata manusia.

Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan dan informasi para pembaca sekalian, ya!

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *