5 Mei 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Siapkan Peralatan Berikut Bila Ingin Memasang CCTV
peralatan memasang cctv

Siapkan Peralatan Berikut Bila Ingin Memasang CCTV – CCTV semakin banyak penggunaannya saat ini sebagai salah satu alat pengawas keamanan. Lokasi penggunaan juga sangat beragam, mulai dari perkantoran, pabrik, bank, sekolah, tempat wisata, hingga hunian rumah.

Baca Juga : Rahasia DVR Dalam Perangkat CCTV

Pemasangan dapat Anda lakukan secara mandiri atau menggunakan home security, yakni suatu instansi atau badan yang menyediakan jasa keamanan, mulai dari pemasangan CCTV hingga penempatan personel keamanan.

Jika Anda akan pasang CCTV secara mandiri, maka artikel ini sangat pas untuk Anda. Kami akan memberi informasi alat apa saja yang harus disiapkan sebelum pasang CCTV. Yuk, kepoin artikel di bawah ini!

Peralatan Memasang CCTV

Ada beberapa peralatan yang dapat digunakan untuk memasang CCTV, antara lain:

1.  Monitor

Peralatan pertama yakni monitor. Anda bisa menggunakan berbagai jenis monitor, mulai LED, LCD, cembung, atau layar televisi. Syarat utama untuk layar monitor ini adalah memiliki koneksi kabel coaxial. Secara tampilan visual, layar ini diharapkan dapat menampilkan visual 2×2, 2×2 dan 4×4.

Pembagian visual juga harus Anda sesuaikan dengan diameter layar monitor. Usahakan Anda memilih layar dengan ukuran 14 inci.

2. Kamera CCTV

Yang kedua yakni kamera CCTV. Ada beberapa jenis kamera yang bisa Anda gunakan, misalnya IP Camera, Wireless Camera, Fixed Dome, Pan/Tilt/Zoom Camera. Pemilihan ini juga harus berdasarkan letak, fungsi dan posisi dari tempat penempatannya.

Jika Anda ingin menggunakan di luar ruangan, pastikan Anda memilih kamera berpelindung agar tidak mudah rusak. Sedangkan pemakaian dalam ruangan, pastikan pencahayaan dari ruangan tersebut cukup agar tampilan kamera bisa jernih dan baik.

3. DVR

Yang ketiga adalah DVR atau Digital Video Recorder sebagai penyimpan data rekaman dari kamera yang kemudian transfer ke layar monitor. Format file ekstensi dari DVR cukup beragam, mulai AVi, MPEG4, GCIF, dan lain-lain. Dalam pemilihan DVR, tentukan terlebih dulu besar penyimpanan yang diinginkan.

Baca Juga : Mengapa DVR CCTV Tidak Bisa Tersambung Dengan Internet?

4. Adaptor dan Power Supply

Selanjutnya yaitu adaptor dan power supply, Anda dapat menentukan merk dan jenis yang sesuai dengan budget dan kebutuhan dari perangkat CCTV Anda. Tegangan yang kamera gunakan umumnya 12v DC, 24v AC-DC. Harganya berkisar dari 300 ribu hingga 1 juta.

5. Kabel Power

Kabel power CCTV memiliki jenis yang berbeda daripada dengan kabel biasa. Fungsi kabel ini adalah untuk menghantarkan tegangan arus listrik ke kamera CCTV. Untuk jenisnya, Anda bisa memilih 2×1,5 mm dan 3,25 mm dengan instalasi pipa high impact conduit agar lebih aman Anda gunakan.

6. Kabel Coaxial

selanjutnya adalah kabel coaxial. Kabel ini merupakan penghantar sinyal video yang direkam oleh kamera CCTV menuju DVR sebagai pengolah dan penyimpan data rekaman. Kabel ini memiliki ragam jenis, antara lain:

  • RG-11 untuk penggunaan jarak 1500 kaki atau lebih
  • RG-6, untuk penggunaan jarak 1000 kaki atau lebih
  • RG-59, untuk penggunaan jarak 750 kaki atau lebih

Harga kabel coaxial ini beragam, yakni satu rol berkisar antara 1 hingga 10 juta.

7. Konektor BNC

Konektor BNC atau Bayonet Neil Concelman adalah konektor yang fungsinya menghubungkan kamera CCTV dengan DVR, atau dari CCTV langsung menuju ke monitor. Harga konektor ini mulai dari 15 ribu. Konektor ini sifatnya wajib ada karena menjadi penghubung atau penghantar dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

8. Tang Crimp Kabel Coaxial

Yang terakhir yakni tang crimp kabel coaxial. Alat ini wajib ada dalam perlengkapan Anda karena digunakan sebagai tang pemotong kabel. Tang ini memiliki desain khusus untuk pemasangan konektor BNC pada kabel coaxial. Harganya berkisar antara 100 hingga 300 ribu rupiah.

Baca Juga : Cara Mudah Untuk Memasang CCTV

Pastikan Anda melengkapi perlengkapan di atas sebelum memasang perangkat CCTV secara mandiri. Anda bisa menyesuaikan perangkat dengan kebutuhan dan alokasi dana yang dimiliki, jadi pemasangan akan lebih efisien dan efektif karena perangkat CCTV bekerja dalam waktu yang cukup lama yakni 24 jam sehari. Semoga informas ini berguna untuk Anda, ya!

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *