Ini Dia Cara Mengatasi Gambar CCTV Tidak Muncul di Monitor

gambar cctv tidak muncul

Ini Dia Cara Mengatasi Gambar CCTV Tidak Muncul di Monitor – Penggunaan CCTV tergolong dalam intensitas tinggi karena terus aktif selama 24 jam penuh. Hal tersebut terkadang membuat CCTV mengalami kerusakan seperti CCTV no video.

Baca Juga : Mengatasi Gangguan Camera CCTV

Hal ini tentu membingungkan, terlebih untuk Anda yang baru pertama kali memasang CCTV. Tapi tenang, pada artikel kali ini kami akan memberi informasi penyebab dan cara mengatasi gambar CCTV yang tidak muncul di monitor atau CCTV no video. Yuk langsung simak penjelasan di bawah ini!

1.  Kabel CCTV Putus

Kemungkinan penyebab dari CCTV no video yang pertama datang dari kabel yang terputus. Penyebab kabel putus ini juga beragam, seperti dimakan hewan pengerat atau rayap hingga kualitas kabel yang kurang memadai.

Terputusnya kabel tentu akan menghambat kinerja keseluruhan dari perangkat CCTV. Mulai dari DVR hingga kamera CCTV akan terhambat dalam melakukan fungsinya masing-masing. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat memberi selubung pelindung pada kumpulan kabel CCTV dengan bahan yang tahan terhadap gigitan. Juga, Anda dapat mengganti kabel yang berkualitas rendah dengan yang lebih baik agar kejadian yang sama tidak terulang. Sebelum membeli, tidak ada salahnya melakukan riset terlebih dahulu mengenai jenis, spesifikasi dan kualitas dari kabel yang akan digunakan.

2. Adaptor Kamera CCTV

Penyebab kedua CCTV no video yakni adaptor dari kamera CCTV. Adaptor berguna sebagai power source dari kamera, dimana adaptor akan menghubungkan arus listrik menuju kamera untuk merekam gambar dan suara di sekitarnya. Adaptor yang mengalami gagal fungsi bisa menyebabkan CCTV no video.

Guna mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengecek adaptor terlebih dahulu dan memastikan apakah adaptor masih bekerja dengan baik atau tidak, atau bisa menggunakan avometer. Jika adaptor mengalami kerusakan, maka sebaiknya mengganti dengan yang baru agar CCTV dapat bekerja dengan normal.

3. Port Connector Rusak

Kemungkinan ketiga yakni bagian port connector mengalami kerusakan. Port connector sendiri berguna sebagai wadah atau rumah dari konektor CCTV. Apabila port connector mengalami kerusakan, maka dapat menghambat kinerja dari konektor sebagai penghantar.

Jika port mengalami kerusakan, maka Anda dapat memindahkan konektor ke port lainnya yang masih berfungsi dengan baik

4. DVR Rusak

Selain perangkat pembantu di atas, kerusakan pada perangkat utama CCTV juga bisa mengakibatkan CCTV no video atau tidak munculnya gambar pada layar monitor. DVR sendiri memiliki fungsi mengolah dan menyimpan data rekaman video dari kamera CCTV dalam storage – seperti microSD, HDD atau Cloud, dan menuju pada layar monitor.

Penyebab rusaknya DVR juga bermacam-macam. Pertama, tegangan arus listrik yang tidak stabil bisa menghambat kerja DVR pada CCTV. Yang kedua, pengaturan atau setting online dari DVR yang membuatnya tidak bisa terhubung dengan koneksi internet (DVR digital) juga menjadi penyebab CCTV no video. Penyebab terakhir yakni terganggunya kinerja CCTV akibat kabel yang kendor atau putus seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya.

Baca Juga : Penyebab DVR CCTV Tidak Online Dan Cara Mengatasinya

Untuk mengatasi DVR yang mati, Anda dapat memeriksa bagian DVR apakah ada yang mengalami gagal fungsi atau tidak. Jika Anda merasa tidak bisa memeriksanya sendiri, maka dapat dibawa langsung ke tempat servis atau mengganti dengan yang baru. Akan lebih baik jika Anda memiliki garansi resmi yang masih berlaku, sehingga Anda tidak perlu keluar banyak biaya untuk membenahi DVR yang rusak atau mati.

5. Kamera CCTV

Yang terakhir yakni kamera CCTV. Kamera memiliki fungsi yang sangat krusial yaitu benda tersebut merekam, mengambil gambar dan suara dari sekitar. Selain itu juga berbatasan langsung dengan objek yang kamera amati. Tidak jarang, CCTV mengalami kerusakan akibat faktor eksternal seperti terkena air hujan terlalu lama atau terik sinar matahari.

Penyebab lain kerusakan CCTV yakni lemahnya arus listrik yang masuk ke kamera hingga membuat fungsi kamera ikut menurun, atau kualitas kamera yang tidak memadai setelah pemakaian dalam jangka waktu yang cukup lama.

Mengatasi kamera yang rusak, Anda dapat langsung mengganti dengan yang baru apabila dalam kebutuhan mendesak, atau bisa juga memeriksa terlebih dahulu ke tempat servis.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System di Distributor-cctv.com, Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage cctvdistributor

Tinggalkan Balasan