26 April 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Mengawasi Lebih Mudah! Berikut Cara Setting CCTV ke Handphone
setting cctv ke handphone

Mengawasi Lebih Mudah! Berikut Cara Setting CCTV ke HandphoneSeiring waktu, teknologi mengalami perkembangan yang signifikan. Kita bisa dengan leluasa menggunakan ponsel untuk beragam keperluan, mulai membayar tagihan, mengecek rekening, nonton film favorit, hingga memantau CCTV di rumah.

Baca Juga : Cara Mengetahui CCTV Sedang Aktif Atau Tidak

CCTV juga mengalami perkembangan yang cepat dan membuat kita tidak terpaku melakukan pengawasan keamanan hanya dari layar monitor, tapi juga melalui ponsel atau perangkat yang terhubung dengan jaringan internet.

Di artikel kali ini, kami akan memberi sedikit informasi cara menghubungkan CCTV ke HP Anda. Mau tahu caranya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Setting CCTV ke Handphone

Sebelum kami kasih tahu cara menghubungkan CCTV ke HP, pastikan dulu beberapa hal di bawah ini, ya!

1. Pasang CCTV dengan Benar

Pertama, pastikan dulu Anda sudah memasang perangkat CCTV dengan benar, terutama kamera. Pasang kamera dengan sudut dan tinggi yang Anda inginkan agar kamera CCTV dapat memantau area yang menurut Anda butuh pengawasan.

Baca Juga : Perhatikan Hal Berikut Sebelum Memasang CCTV

Sedikit tips, untuk rumah berlantai, Anda bisa menempatkan kamera di bagian teratas anak tangga atau di dinding paling atas. Hal ini memudahkan kamera dalam memantau lantai bawah dan kegiatan apa saja yang sedang berlangsung.

2. DVR dan CCTV Menyala

Yang kedua, pastikan DVR dan CCTV kalian menyala tanpa ada gangguan, ya. DVR berfungsi sebagai penyimpan dan pengolah rekaman kamera yang memantau daerah yang Anda inginkan. Untuk kamera, pastikan Anda menggunakan IP Camera atau Internet Protocol agar dapat terhubung dengan jaringan internet dan ponsel nantinya.

Saat ini, alat DVR telah lengkap dengan port LAN atau Ethernet yang memudahkan Anda dalam menghubungkan DVR pada protocol IP/TCP dan DVR bisa terhubung dengan jaringan internet.

Cara CCTV Terhubung Internet

Terdapat dua cara yang dapat Anda gunakan agar DVR CCTV  online dan dapat Anda akses melalui ponsel atau PC yang menggunakan koneksi internet.

  • Menggunakan fitur Cloud Access P2P, yang memudahkan pengguna melakukan akses tanpa IP publik.
  • Menggunakan Dynamic Domain Name Server (DDNS dan pengguna harus memiliki IP publik.

Cloud Access P2P

Untuk menggunakan fitur ini, DVR CCTV harus terkoneksi dengan jaringan internet dan mengaktifkan fitur Cloud Access P2P. Hal ini bertujuan agar DVR dapat terhubung dengan server relay yang telah tersedia dari vendor DVR. Anda bisa menggunakan aplikasi CMS/VMS yang juga terhubung dengan jaringan server relay.

Kelebihan dari cara ini adalah sangat mudah Anda gunakan dan teraman dalam mengakses DVR online menggunakan internet. Dengan cara ini, DVR tidak akan terkena scan bot hacker dan tidak bisa dihack secara langsung.

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengaktifkan fitur Cloud Access P2P di DVR yang terhubung dengan internet. Lakukan login ke DVR sebagai admin, kemudian klik menu untuk mengatur Cloud Access P2P. Opsi ini umumnya ada di bagian ‘Network’ dengan nama Platform Access atau Cloud P2P Setting.

Kedua, nantinya Anda akan diminta verification code yang dimana kode akan digunakan untuk menambahkan DVR ke aplikasi VMS/CMS dengan fitur Cloud P2P. Apabila DVR telah terhubung dengan internet, kemudian akan ada perubahan ‘Register Status’ menjadi Online dalam 1 hingga 2 menit. Refresh halaman untuk mengecek status tersebut.

Baca Juga : Mengapa Streaming CCTV Di Android Putus-Putus?

Lalu, install aplikasi VMS/CMS dari vendor DVR CCTV yang Anda miliki. Lalu pilih opsi Tool dan beralih ke Device Management dan klik ‘Tab Server’. Selanjuutnya, pilih Add New Device Type dan centang pada device yang Anda inginkan kemudian klik OK.

Setelah berhasil login, klik Add Device dan masukkan serial number dari DVR yang dimiliki, kemudian masukkan kode verifikasi yang telah dibuat sebelumnya. Lalu, klik OK. Jika angka yang dimasukkan benar, maka akan muncul list device dengan model dan serial sesuai dengan yang sudah diinput.

Dan voila! Anda bisa memantau CCTV dari ponsel Anda secara langsung dan aman. Pemantauan dari ponsel membantu Anda menghemat waktu dan meningkatkan keamanan lingkungan sekitar.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *