27 April 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Apa Yang Dimaksud Dengan NVR? Kenali Pengertian dan Fungsinya
apa itu nvr

Apa Yang Dimaksud Dengan NVR? Kenali Pengertian dan Fungsinya – Seringkali kita mendengar NVR atau mungkin melihat langsung alat tersebut. Bila Anda bandingkan dengan perangkat pengawas lainnya, NVR lebih jarang dikenal atau didengar masyarakat dibandingkan dengan CCTV.

Baca Juga : Perbedaan NVR, DVR, NVS, Dan SDVR

Nah, kali ini kami akan memperkenalkan pengertian dan apa saja fungsi dari perangkat tersebut. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Apa itu NVR? Ini Pengertiannya

NVR merupakan singkatan dari Network Video Recorder. Alat ini merupakan suatu media perekam gambar dari IP kamera CCTV. Jika DVR merupakan penyimpan gambar untuk CCTV, maka NVR adalah DVR untuk sistem IP kamera CCTV.

Perangkat ini merupakan perangkat perekam berbasis protokol internet yang berguna sebagai media penyimpan rekaman gambar yang tertangkap kamera IP. Distribusi gambar yang tertangkap kamera CCTV ini kemudian akan transfer menggunakan jaringan internet. Dengan basis IP, NVR dapat Anda kelola secara remote menggunakan LAN atau jaringan internet yang membuatnya lebih fleksibel daripada DVR.

Perangkat ini dapat berupa hard ware – storage atau penyimpanan berbentuk fisik, atau software – program yang dapat Anda jalankan pada perangkat PC, laptop dan perangkat pintar lainnya.

Baca Juga : Jangan Sampai Tertukar! Ini Dia Perbedaan DVR Dan NVR

Dengan menggunakannya Anda dapat menyambungkan beberapa kamera sekaligus dengan penambahan perangkat switch. Hal ini berbeda dengan CCTV yang Anda sambungkan menggunakan DVR, sehingga NVR lebih fleksibel penggunaannya.

Yang menjadikan perangkat ini lebih unggul dari DVR adalah kualitas gambar yang NVR hasilkan. Dengan menggunakan kamera IP atau internet protocol, gambar yang komponen ini hasilkan jauh lebih bagus dan jernih daripada CCTV dengan DVR. Menggunakannya gambar yang di zoom-in tidak mudah pecah dan tidak buram.

Spesifikasi NVR

NVR memiliki resolusi yang bermacam-macam, antara lain:

  • HD 1080 p resolusi 1920  1080 pixel dengan jumlah pixel 2,07 megapixel
  • HD 720 p resolusi 1280  720 pixel dengan jumlah 0,92 megapixel
  • VGA resolusi 640  480 pixel dengan jumlah pixel 0,31 megapixel
  • XGA resolusi 1024  768 pixel dengan jumlah 0,79 megapixel
  • SXGA+ resolusi 1280  1024 pixel dengan jumlah 1,3 megapixel
  • XGA+ resolusi 1152  864 pixel dengan jumlah 1 megapixel

NVR mempunyai enkripsi kamera CCTV IP, sehingga tingkat keamanannya lebih baik daripada dengan DVR. Juga, NVR mempunyai Power over Ethernet (PoE) yang memiliki fungsi untuk memberi daya ke CCTV menggunakan sinyal video sehingga mengurangi biaya kabel tambahan.

Fungsi NVR

Adapun fungsi dari perangkat NVR adalah sebagai berikut:

1. Capture Picture & Record (Merekam Gambar dan Video)

Sebagai penyimpan dan pengolah gambar, komponen ini memiliki fungsi yang serupa dengan DVR yakni merekam audio dan video dari yang kamera CCTV tangkap. Bedanya ia akan mengolah langsung gambar yang ada menjadi bentuk digital, sedangkan DVR mengolah gambar menjadi analog dan digital.

Hasil yang kamera IP CCTV rekam memiliki kualitas yang lebih baik daripada dengan CCTV dan DVR. Hal ini karena kamera berbasis internet sehingga menghasilkan kualitas gambar yang lebih tajam dan jernih.

2. Merekam Audio

Selain merekam gambar atau video, perangkat ini dapat merekam audio atau suara yang ada pada lingkungan sekitar dengan baik. Hasil audio yang direkam juga tidak pecah ataupun tidak terdengar jelas. Hal ini karena kualitas kamera dengan basis internet yang mampu mengolah suara sama baiknya dengan mengolah video.

Baca Juga : Menyiasati Backup Record Pada DVR

Hal ini tentu akan sangat membantu dalam pengawasan kar enapemilik dapat mengenali suara seseorang yang tidak ia kenal atau mendengar suara dari aktivitas yang mencurigakan, sehingga memungkinkan mencegah tindak kriminal.

3. Playback

Sejatinya, NVR memiliki fungsi yang serupa dengan DVR, dimana ia dapat mengulang kembali video yang tersimpan dalam storage jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Penyimpanannya sama baiknya dengan DVR dan dapat memutar video tanpa memecah kualitas audio atau suara dan gambar dari rekaman CCTV yang ada.

Fitur playback sangat dibutuhkan dalam berbagai kondisi. Seperti melacak barang hilang atau tertinggal, sebagai bukti tindak kejahatan lingkungan sekitar, hingga mencari pelaku tindak kejahatan dengan cepat. Bukti CCTV seringkali digunakan pihak keamanan dalam mengusut suatu kasus.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *