29 Maret 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Cara Mengecek CCTV Merekam Atau Tidak
cctv merekam atau tidak

Cara Mengecek CCTV Merekam Atau Tidak – Apakah Anda saat ini menggunakan CCTV dan suka bingung apa CCTV Anda merekam atau tidak? Atau CCTV seperti mengalami gangguan tapi Anda bingung harus bagaimana?

Dengan penggunaan di ketinggian tertentu, kadang membuat kita bertanya-tanya apakah CCTV menyala atau tidak. Atau mungkin karena tidak ada gambar di layar monitor membuat kita bingung apa benar CCTV bekerja atau mengalami gangguan.

Baca Juga : Apakah CCTV Akan Tetap Menyala Saat Mati Lampu?

Untuk memastikan CCTV menyala atau tidak, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan. Mulai dari menggunakan internet, hingga mengecek CCTV menggunakan media lainnya. Kami akan kasih tips dan trik mengecek apakah CCTV menyala atau tidak lewat artikel di bawah ini.

Yuk, simak bersama-sama!

Cara Mengecek CCTV Merekam atau Tidak

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengecek apakah CCTV merekam atau tidak dengan cepat dan efisien.

1. Menggunakan Aplikasi Bawaan Kamera

Sekarang ini, banyak produsen alat elektronik berlomba-lomba mengeluarkan series kamera pengawas atau CCTV yang dapat Anda gunakan dengan mudah. Segmentasi dari kamera jenis ini biasanya untuk hunian rumah, kantor, toko, dan ruang kerja dengan skala kecil.

Contohnya, Xiaomi dengan Xiaomi Yi Dome Camera. Xiaomi dikenal sebagai produsen ponsel pintar atau smartphone oleh masyarakat Indonesia. Popularitas Xiaomi meroket di Indonesia setelah meluncurkan produk smartphone dengan harga terjangkau namun berkualitas baik tak kalah dengan merk konvensional lainnya.

Setelah sukses dengan ponsel, Xiaomi menawarkan produk kamera pengawas ke masyarakat Indonesia melalui produk Yi Dome Camera. Anda dapat mengakses kamera CCTV beserta segala informasi dan pengaturannya dengan mudah melalui aplikasi bawaan Xiaomi.

Denga aplikasi tersebut, Anda dapat melihat rekaman kamera CCTV secara real-life, mengatur setting dari kamera, melihat rekaman dari waktu tertentu, hingga mengatur saturasi dan pencahayaan pada kamera yang Anda miliki.

Hal ini terhitung sangat praktis dan efisien untuk Anda yang sering berpergian ke luar rumah atau lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah. Jadi, Anda bisa memastikan apakah CCTV Anda sedang merekam atau tidak dari ponsel pintar kapan saja dan dimana saja.

2. Menggunakan Layar Monitor

Cara kedua yang paling mudah yakni dengan memeriksa langsung layar monitor CCTV Anda. Apabila terdapat gambar video di layar, maka CCTV Anda dipastikan sedang merekam lingkungan sekitarnya. Sebaliknya, jika layar monitor diisi gambar statis warna-warni atau bahkan tidak terdapat gambar, maka CCTV mungkin mengalami gangguan ataupun kerusakan.

Baca Juga : Ini Dia Cara Mengatasi Gambar CCTV Tidak Muncul Di Monitor

Jika CCTV tidak merekam, Anda langsung dapat memeriksa komponen CCTV – mulai dari power supply, adaptor dan kabel dan pastikan apakah komponen tersebut bekerja dengan baik atau tidak. Temukan sumber masalah sebelum membawa kamera CCTV ke tempat servis, ya!

3. Mengecek Rekaman CCTV

Cara yang ketiga yakni mengecek kualitas kamera dari daftar rekaman CCTV Anda. Caranya, dengan memperhatikan kualitas rekaman dari waktu ke waktu – Anda bisa membatasi pengecekan dengan memilih kurun waktu tertentu sebelum mengecek rekaman yang ada.

Dari daftar rekaman tersebut, Anda bisa menilai apakah ada perubahan kualitas, resolusi dan warna dari tampilan rekaman CCTV. Jika rekaman memiliki kualitas yang sama seperti sebelumnya, maka CCTV Anda masih bekerja dengan baik. Sebaliknya, jika ada perbedaan resolusi hingga warna yang berubah, maka kemungkinan besar perangkat CCTV Anda mengalami gangguan.

Baca Juga : Rekaman CCTV Terhapus? Apa Bisa Dikembalikan?

Hal ini dapat karena adanya intervensi frekuensi tinggi dari perangkat pemancar sinyal radio di dekat CCTV hingga membuat kualitas gambar menurun, lemahnya tegangan arus listrik yang sampai ke kamera hingga membuat kualitas kamera menurun, hingga fungsi dari beberapa komponen CCTV yang mengalami kerusakan juga dapat menjadi penyebab kamera CCTV tidak berfungsi dengan baik.

Dengan intensitas penggunaan yang tinggi, tidak ada salahnya untuk mengecek tiap komponen CCTV guna menghindari kerusakan yang lebih besar di kemudian hari. Juga, pastikan tempat pemasangan CCTV memiliki arus listrik yang stabil, tidak ada naik turun yang signifikan, karena hal tersebut dapat memperburuk kinerja dari kamera CCTV Anda.

Nah, semoga informasi di atas bisa membantu pembaca sekalian, ya!

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *