29 April 2024
Blog » Liputan Dist CCTV » CCTV Itu..

CCTV Itu..Mungkin beberapa di antara Anda ada yang sudah mengenal kamera pengawas atau bahkan ada beberapa yang belum mengenalnya. Kali ini kami akan memberikan ulasan tentang kamera pengawas ini.  Closed Circuit Television adalah sebuah sistem yang memanfaatkan video kamera untuk menyimpan, menampilkan dan merekam gambar dengan situasi dan kondisi yang telah Anda tentukan. Anda dapat memasang kamera ini di berbagai tempat dan tentunya anda juga dapat mensettingnya sesuai dnegan kebutuhan anda.

Baca Juga : Tips Memilih CCTV Yang Tepat

CCTV sendiri merupakan kependekan dari Closed Circuit Television. Hal ini memiliki arti bahwa CTV menggunakan signal tertutup tidak seperti televise biasa yang memanfaatkan broadcast signal. Karena kebutuhan akan sistem keamanan digital saat ini semakin meningkat, maka semakin banyak orang ataupun instansi yang memberdayakan penggunaan CCTV.

grouped_cctv
Sumber: http//www.mct-electricel.co.uk

Sebagai sistem keamanan CCTV di bagi menjadi 2 yaitu :

1. Kamera CCTV

Kamera pengawas memiliki fungsi sebagai alat untuk mengambil gambar. CCTV sendiri terdiri dari bebeapa tipe kamera yang tentunya tipe-tipe tersebut dibagi berdasarkan kualitas, fungsi dan juga penggunaanya. Kamera ini terbagi menjadi 2 kategori utama :

  • Analog
  • Network

Baca Juga : Jenis-Jenis CCTV

2. Digital Video Recorder atau DVR

Digital Video Recorder adalah sebuah perangkat yang digunakan oleh kamera pengawas. Perangkat ini digunakan untuk merekam semua gambar  yang dikirim oleh kamera ke dalam perangkat DVR ini. Digital Video Recorder sendiri terbagi menjadi 2 kategori utama yaitu :

  • Stand Alone DVR
  • PC Card DVR

Digital Video Recorder ini juga memiliki banyak fitur yang dapat Anda manfaatkan untuk pelengkap keamanan. Salah satunya adalah merekam keseluruhan kejadian yang terjadi di tempat yang terpasang kamera tersebut. Seringkali DVR ini menjadi barang bukti di peradilan untuk menguatkan bukti ataupun membuktikan suatu kejadian.

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Standalone Digital Video Recording (DVR)

DVR sendiri memiliki berbagai jenis tipe yang berbekal fitur dan spesifikasi berbeda-beda. Spesifikasi inilah yang mempengaruhi berapa banyak kamera yang anda perlukan untuk dipasang dan tentunya kualitas gambar yang dihasilkan juga berbeda.

3. HDD atau Hard Disk Drive

Hard Disk Drive sendiri biasanya memang tertanam di berbagai benda digital seperti komputer, laptop dan termasuk CCTV juga. HDD adalah media yang berfungsi untuk menyimpan data rekaman. Setiap benda digital memiliki kapastitas HDD yang berbeda. Semakin besar kapasitas Hard Disc Drive yang ada pada kamera maka semakin lama pula durasi penyimpanan gambar atau rekaman yang tersedia oleh masing-masing kamera pengawas.

Baca Juga : Harddisk Untuk Kamera CCTV

4. Coaxial Cable

Coaxial Cable merupakan kabel yang berguna untuk mengantarkan signal video dari kamera CCTV ke DVR atau dari DVR ke monitor.

5. Power Cable

Power Cable ini biasanya hanya Anda perlukan jika kabel kamera pengawas yang anda miliki tidak cukup panjang  untuk mencapai sumber listrik terdekat.

6. BNC Connector

BNC Connector adalah sebuah konektor yang terpasang pada kabel coaxial CCTV anda.

Nah semoga ulasan di atas dapat membantu anda untuk mengenal lebih dalam mengenai kamera pengawas serta komponen.  Untuk mengetahui berbagai jenis CCTV simak ulasan selanjutnya di blog ini ya..

See you next time..

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *