12 Mei 2024
Blog » Liputan Dist CCTV » Ingress Protection Rating Pada Kamera CCTV

Ingress Protection Rating Pada Kamera CCTV – IP Rating atau IP code merupakan Ingress Protection atau International protection code yang berguna untuk menilai ketahanan kamera terhadap barang-barang di sekitarnya seperti debu, benturan, air, sentuhan tangan dan lain-lain. IP code biasanya terdiri dari 2 angka, di mana angka pertama mewakili benda padat yang menyentuh obyek dan angka kedua mewakili benda cair.

Baca Juga : Pengaruh Bandwidth Pada IP Camera

Dalam Kode IP66, IP adalah singkatan dari Ingress Protection (marking), atau International Protection (marking) dan biasanya semakin besar angka di belakangnya, maka perlindungan intervensi terhadap partikel dan benda lainnya akan semakin lebih kuat.

Ingress Protection Rating Pada Kamera CCTV

Digit Pertama – Perlindungan terhadap partikel padat

Ingress Protection Rating Pada Kamera CCTV1

Arti Kode angka yang di depan adalah:

  1. Tidak ada perlindungan apapun terhadap intervensi aliran listrik
  2. Memiliki perlindungan terhadap benda berukuran besar dengan ukuran >50 mm, seperti tangan manusia
  3. Memiliki perlindungan terhadap benda berukuran sedang dari benda sedang dengan ukuran >12,5 mm, seperti jari manusia
  4. Perlindungan terhadap benda berukuran kecil dengan ukuran >2,5 mm, seperti Obeng, Kabel Listrik tebal
  5. Perlindungan terhadap benda berukuran sangat kecil dengan ukuran >1 mm, seperti sekrup, baut, kabel
  6. Juga Perlindungan terhadap debu dan kontak langsung. Masih ada kemungkinan pada tingkatan ini debu masih dapat masuk namun masih dalam batas normal dan tidak mengganggu pengoperasian alat elektronik.
  7. Yang terakhir perlindungan secara total dan menyeluruh terhadap masuknya debu dan perlindungan total terhadap kontak langsung.

Baca Juga : Inilah Alasan Mengapa Kita Butuh IP Camera

Digit Kedua – Perlindungan terhadap partikel cair

Ingress Protection Rating Pada Kamera CCT2

Kode angka di belakang menunjukan seberapa besar perlindungan alat elektronika terhadap intervensi Air yang dapat melumpuhkan alat-alat secara menyeluruh. Arti Kode angka yang di belakang adalah:

  1. Zero Water Ressist atau perlindungan terhadap air yang menetes dan jatuh langsung secara vertikal.
  2. Perlindungan terhadap air yang menetes dan jatuh langsung dari arah kemiringan 15°.
  3. Memiliki perlindungan terhadap siraman air yang jatuh dari arah kemiringan 60°.
  4. Memiliki perlindungan terhadap siraman air dari segala arah.
  5. Proteksi atau perlindungan terhadap air bertekanan rendah dari segala arah, seperti semprotan air dari pipa air/keran.
  6. Proteksi atau perlindungan terhadap air bertekanan tinggi dari segala arah, seperti air yang disemprot dari water jet.
  7. Perlindungan bawah air (submerge) dengan kedalaman air dari 15 cm hingga 1 m.
  8. Perlindungan bawah air (submerge) dengan kedalaman air hingga 2m IP66 Pada CCTV – Mana pilihan terbaik Anda, pilihan terbaik IP Code yang disarankan untuk kamera outdoor Anda minimal adalah IP66 yang dapat diletakkan di teras rumah atau IP67 yang dapat diletakkan di atas pagar rumah, karena outdoor camera sangatlah rentan terhadap embun, debu, bahkan air hujan. Bukan tidak mungkin embun sekalipun mampu masuk ke mainboard kamera dan menyebabkan korsleting.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *