29 April 2024
Blog » Other » Ini Perbedaan CCTV Indoor dan Outdoor yang Perlu Kamu Tahu
ini-perbedaan-cctv-indoor-dan-outdoor-yang-perlu-kamu-tahu

Ini Perbedaan CCTV Indoor dan Outdoor yang Perlu Kamu Tahu – Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga keamanan lingkungan sekitar, salah satunya dengan memasang kamera pengawas atau CCTV.

Sebagai fungsi pengawasan dan monitoring, terdapat jenis-jenis CCTV berdasar pada letaknya. Yaitu CCTV Indoor dan CCTV Outdoor. Sesuai dengan namanya, CCTV Indoor berfungsi sebagai kamera pengawas dalam ruangan dan CCTV Outdoor sebagai kamera pengawas luar ruangan.

Baca Juga : Jenis-Jenis CCTV

Selain perbedaan letak, apa lagi perbedaan jenis CCTV Indoor dan Outdoor? Kalau mau tahu, yuk simak penjelasan berikut!

Pengertian CCTV

CCTV atau Closed Circuit Technology adalah suatu alat yang umumnya berguna sebagai kamera pengawas dengan penggunaan sinyal yang sifatnya tertutup atau rahasia. CCTV terdiri dari beberapa perangkat yang terhubung satu dengan lainnya. Yakni kamera CCTV, Digital Video Recorder (DVR), Hard Disk Drive (HDD), Coaxial Cable, Power Cable, dan BNC Connector.

Baca Juga : CCTV Itu..

Jenis-Jenis CCTV

Sesuai dengan yang disebutkan di atas, terdapat jenis-jenis dari CCTV, yakni CCTV Indoor dan CCTV Outdoor. Lalu, apa yang membedakan antara jenis-jenis CCTV ini?

1. CCTV Indoor

Seperti namanya, CCTV Indoor adalah jenis CCTV yang bisa Anda gunakan di dalam ruangan. Seperti di dalam rumah, di dalam ruangan kantor, dan di dalam kantor bank. Bahan utama dari kamera CCTV Indoor adalah material plastik fiber. Lensa kamera yang CCTV ini gunakan adalah kamera 3.66 mm dengan rasio atau sudut pandang mencapai 70 persen.

Bentuk kamera dari CCTV Indoor cenderung sedikit melengkung dan sudah lengkap dengan efek semi-fisheye yang memberi tampilan lebih lebar dan cekung. Tampilan yang lebih lebar menjadi keunggulan dari CCTV Indoor. Kamera CCTV Indoor juga terdapat ventilasi udara atau celah kecil yang memiliki fungsi sebagai pembuang suhu panas di bagian chipset. Suhu panas ini dapat muncul akibat penggunaan kamera dengan intensitas tinggi dan arus listrik yang terjadi terus menerus.

Baca Juga : Kamera Mana Yang Anda Perlukan? Indoor Atau Outdoor?

Dengan penggunaan dalam ruangan, maka kamera CCTV Indoor tidak dapat Anda tempatkan di posisi yang tidak mempunyai atap atau naungan. Hal ini karena adanya celah yang memungkinkan air hujan dan kotoran berbahaya lain untuk masuk ke dalam ventilasi kamera CCTV.

Tapi, penggunaan kamera CCTV jenis Indoor ini dapat Anda tempatkan di luar ruangan dengan syarat terdapat penutup atau naungan seperti atap atau beton untuk kamera berlindung dari air dan panas.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, CCTV tidak hanya terpasang di tembok maupun bagian atas dalam ruangan, melainkan juga di meja atau bagian lemari sesuai dengan kebutuhan cakupan rekaman gambar. CCTV.

2. CCTV Outdoor

Yap, sesuai dengan namanya, kamera CCTV Outdoor ini bisa Anda gunakan mengambil gambar di luar ruangan. Perbedaannya dengan CCTV Indoor adalah ketahanan dan ketangguhan dari perangkat kamera CCTV. Karena digunakan di luar ruangan yang bersinggungan langsung dengan panas matahari dan air hujan, CCTV Outdoor menggunakan Ingres Protection Code (rating IP) yakni IP66.

Perangkat kamera CCTV Outdoor umumnya terdapat chip sensitif khusus yang menggunakan infrared atau IR. Infrared ini mempunyai tingkat sensitivitas yang sangat tinggi terhadap radiasi infra merah dalam spektrum jarak dekat dengan sumber infrared terdekat. Cahaya infrared sendiri dapat dilihat dengan pandangan terbatas dan tidak memungkinkan manusia untuk melihat dengan mata telanjang.

Perangkat infrared yang ada pada CCTV Outdoor ini memanfaatkan teknologi IR Light Emitting Diode (LED). Fungsinya sebagai penghasil cahaya infrared yang menyinari daerah yang Anda inginkan. LED biasanya sudah terpasang di bagian samping atau sekitar kamera CCTV agar mengarah ke target yang sama.

Selain itu, kamera CCTV Outdoor juga lengkap dengan fitur night vision atau tampilan malam. Fitur ini memungkinkan kamera untuk menangkap gambar dalam kondisi minim pencahayaan. Juga, mayoritas kamera CCTV Outdoor lengkap dengan komponen housing protection yang dapat bertahan di cuaca ekstrem.

Nah, setelah mengetahui perbedaan dan keunggulan jenis-jenis CCTV, mana nih yang dipilih sebagai perangkat CCTV? Indoor atau outdoor? Atau mungkin dua-duanya?

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *