Cara Mengatasi Gambar CCTV Yang Bergelombang

gambar cctv bergelombang

Cara Mengatasi Gambar CCTV Yang BergelombangGangguan pada CCTV tentu sangat menyulitkan kita dalam memantau dan mengawasi area sekitar dipasangnya perangkat tersebut. Tidak jarang, CCTV bergelombang malah membuat rusak kamera hingga seluruh perangkat CCTV apabila tidak segera ditangani.

Semua merk, jenis kamera ataupun jenis CCTV bisa saja mengalami gangguan berupa gambar CCTV bergelombang. CCTV bergelombang dapat membatasi jarak pandang kita untuk mengamati cakupan jarak dan sudut pandang CCTV.

Baca Juga : CCTV Mengalami Video Loss? Jangan Panik! Ini Tips Dan Trik Cara Mengatasinya

Merawat dan memastikan CCTV tidak mengalami masalah dapat kita bilang susah-susah gampang, terlebih untuk Anda yang baru pertama kali menggunakan kamera CCTV. Tidak ada salahnya Anda melakukan riset terlebih dulu sebelum membeli CCTV agar dapat mengatasi permasalahan yang muncul ketika menggunakan perangkat CCTV. Salah satunya adalah CCTV bergelombang yang akan kita bahas kali ini.

Tapi, bagaimana cara mengatasinya? Apa bisa kita mengatasinya sendiri? Di artikel kali ini, kami akan memberi sedikit informasi bagaimana mengatasi CCTV bergelombang. Untuk selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini ya!

Pengertian CCTV

CCTV adalah singkatan untuk Closed Circuit Television, atau yang berarti pemakaiannya menggunakan sinyal yang sifatnya rahasia atau tertutup. Hal ini berbeda dengan televisi yang biasanya menggunakan broadcast signal.

Perangkat ini berfungsi sebagai pelengkap dari sistem keamanan. CCTV umumnya ditemukan di kantor, rumah, bandara, pabrik, gudang, hingga kemiliteran. Peruntukkan CCTV erat kaitannya dengan pengawasan dan keamanan dari area yang terpasang perangkat tersebut.

CCTV tersusun dari beberapa perangkat yang saling berkaitan dan bekerja dalam satu waktu sebagai kamera pengawas. Yakni kamera CCTV sebagai pengambil dan perekam gambar serta suara dari sudut pandang yang dimiliki, DVR sebagai tempat penyimpanan rekaman, Hard Disk Drive sebagai storage dari rekaman yang biasa dimasukkan dalam DVR, kabel coaxial sebagai penghantar sinyal video kamera ke DVR-DVR ke monitor, kabel power untuk memberikan daya atau arus listrik dari power supply menuju perangkat CCTV, serta konektor BNC yang menjadi penghubung dan biasanya dipasang di kabel coaxial.

Mengatasi CCTV Bergelombang

Ada beberapa penyebab dari munculnya CCTV bergelombang. Seperti adanya interfensi dari frekuensi yang rendah – misalnya frekuensi listrik 220 volt / 50 Hz dari genset atau PLN, faktor Ground Loop yang sering terjadi pada instalasi kabel coaxial, lemahnya sinyal yang DVR terima, hingga kabel konektor BNC pada kamera mengalami gangguan. Berikut ini cara mengatasi CCTV bergelombang, antara lain:

1. Pindah Slot Kamera CCTV

Cara pertama yakni memindahkan slot kamera CCTV. Sangat umum bila terdapat gangguan pada alat elektronik karena oleh slot tempat kabel. Sama seperti CCTV ini, Anda dapat memindahkan beberapa slot untuk mengatasi CCTV bergelombang.

Pastikan Anda memindahkan dengan aman, ya!

2. Mengecek Sambungan Kabel

Jika cara pertama sudah Anda lakukan namun masih terdapat CCTV bergelombang, maka cara kedua yakni mengecek sambungan kabel yang ada. Pastikan Anda mengecek kondisi kabel, terutama di letak sambungan kabel. Karena terkadang bagian jack pada DVR tidak berfungsi dengan efisien akibat beberapa faktor.

Baca Juga : Kenali Perbedaan Serta Fungsi UTP Dan STP

3. Mengatur Koneksi CCTV

Cara ketiga yakni dengan mengatur koneksi dari CCTV. Apabila CCTV bergelombang tetap ada, maka Anda dapat mencoba cara ini. Yaitu dengan mengatur koneksi CCTV jarak pendek dengan ukuran kabel coaxial sekitar 1 meter. Tujuan dari pengaturan ini untuk memastikan apakah letak permasalahan CCTV bergelombang berasal dari sinyal atau jack.

4. Kualitas CCTV

Tidak jarang yang menjadi masalah utama adalah perangkat CCTV yang telah terpasang. Ada beberapa CCTV yang memiliki kualitas di bawah standar namun apesnya terjual ke Anda. Hal ini mungkin terjadi dengan kondisi pihak penjual tidak tahu bahwa terdapat masalah yang terjadi setelah Anda membeli perangkat tersebut.

Pastikan CCTV yang Anda beli lengkap dengan garansi. Sehingga jika perangkat CCTV benar-benar di bawah standar dan mengalami kerusakan yang tidak dapat Anda atasi sendiri, Anda masih bisa membawa perangkat ke toko pembelian untuk mendapatkan garansi seperti di DistributorCCTV.

Baca Juga : Tips Memilih CCTV Yang Tepat

Nah, semoga penjelasan di atas dapat menambah informasi untuk para pembaca sekalian, ya!

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System di Distributor-cctv.com, Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage cctvdistributor

Tinggalkan Balasan