29 Maret 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Kenali Perbedaan Serta Fungsi UTP dan STP
perbedaan kabel utp dan stp

Kenali Perbedaan Serta Fungsi UTP dan STP – Dalam menciptakan suatu jaringan komputer maupun menghubungkan satu perangkat elektronik ke perangkat lainnya, kita membutuhkan bantuan kabel sebagai penghantar dan penghubung. Kabel yang banyak penggunaannya dalam pembuatan jaringan komputer ini adalah kabel UTP dan STP.

Dalam suatu perangkat elektronik, terdapat beberapa jenis kabel yang berguna sebagai transmisi atau ‘jalan’ pengantar antara penerima data dan pengirim data agar alat elektronik tersebut dapat berjalan dengan baik. Nah, kedua kabel ini banyak terpakai dalam fungsi transmisi serta pembatas dan pelindung sistem kerja alat elektronik

Baca Juga : Tips Memilih Kabel, Konektor, Power Supply, dan Harddisk CCTV Terbaik

Meski telah banyak penggunaannya dan memiliki fungsi yang penting, ternyata kedua kabel ini masih tidak familiar bagi masyarakat. Nah, pada artikel kali ini kami akan memberi informasi mengenai kedua kabel ini beserta perbedaan antara keduanya.

Untuk selengkapnya, cek artikel di bawah ini ya!

Pengertian Kabel UTP

Kepanjangan UTP adalah Unshielded Twisted Pair. Kabel ini merupakan jenis kabel berpilin yanh tidak memiliki selubung pelindung. Dalam satu kabel UTP, terdapat empat buah pasang kabel di dalamnya dengan warna putih oranye, oranye, putih hijau, hijau, putih biru, biru, putih cokelat dan cokelat.

Kabel UTP memiliki 7 jenis yang berbeda, yakni Kabel UTP CAT 1 hingga Kabel UTP CAT 7. Masing-masing jenis kabel ini memiliki kecepatan yang bertolak belakang atau sangat berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Semakin tinggi jenisnya, maka semakin tinggi pula kecepatan yangmuncul. Kabel ini menggunakan konektor RJ45 dan RJ11 dalam penggunaannya.

Umumnya, penggunaan kabel UTP pada LAN atau jaringan koneksi internet. Fungsi dari kabel ini sendiri adalah sebagai pembatas kecepatan aksi internet komputer. Di dalam kabel UTP, terdapat konduktor yang membentuk sirkuit tunggal terputar satu sama lain guna menghilangkan adanya gangguan elektromagnetik (EMI) dari sumber eksternal.

Pengertian Kabel STP

Di sisi lain, kabel STP memiliki kepanjangan Shielded Twisted Pair. Kabel ini mempunyai selubung pelindung dengan dua buah selubung yang melindungi tiap kabel. Kabel ini memiliki bentuk yang berbeda dengan yang satunya, yakni kabel STP memiliki 4 buah kawat tembaga di dalam kabelnya. Selain pada perangkat elektronik, kabel STP juga umum Anda temukan dalam penggunaan jaringan data serta jaringan Token-Ring IBM.

Fungsi dari kabel STP sendiri adalah sebagai media transmisi yang penggunaannya

Baca Juga : Tips Agar Kabel CCTV Tidak Cepat Rusak

di beberapa alat elektronik guna menghubungkan antara pengirim dan penerima agar dapat melakukan pertukaran data. Kabel STP umumnya digunakan di perangkat elektronik seperti televisi, radio, komputer, hingga telepon. Alat-alat tersebut memerlukan media transmisi, yakni kabel STP, untuk bisa menerima dan mengirim data dalam penggunaannya.

Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP

Dalam penjelasan di atas, sudah terlihat beberapa perbedaan yang kabel UTP dan kabel STP miliki. Meski berbeda, kedua kabel ini umumnya berguna sebagai transmisi dalam penciptaan jaringan komputer dengan keunggulan dan fungsinya masing-masing.

Adapun perbedaan kedua kabel ini adalah:

  1. Kabel UTP memiliki diameter yang lebih kecil jumlahnya daripada dengan kabel STP.
  2. Kabel UTP tidak memiliki selubung pelindung seperti yang kabel STP milliki.
  3. Dalam proses instalasi, kabel UTP lebih mudah dalam komparasi dengan kabel STP karena ukuran dari kabel UTP yang lebih kecil.
  4. Kabel UTP menjadi jenis kabel yang mudah diprovokasi dengan radiasi medan magnet serta voltase tinggi. Hal ini karena kabel UTP yang tidak memiliki selubung plastik. Di sisi lain, kabel STP tergolong sulit diprovokasi oleh medan magnet dan voltase tinggi akibat adanya selubung pelindung pada kabel.
  5. Dalam segi harga, kabel UTP memiliki harga yang lebih terjangkau daripada dengan kabel STP dengan ukuran kabel yang serupa.
  6. Penggunaan kabel UTP sangat cocok dalam penggunaan dalam ruangan, sedangkan kabel STP lebih cocok apabila di luar ruangan.

Dalam menggunakan kabel STP dan UTP, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan pada masing-masing peralatan agar dapat bekerja dengan efisien. Semoga penjelasan di atas bisa menambah informasi para pembaca sekalian, ya!

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *