28 April 2024
Blog » Other » Kenali Penyebab Gambar CCTV Bergaris
kenali-penyebab-gambar-cctv-bergaris

Kenali Penyebab Gambar CCTV Bergaris – CCTV memiliki fungsi untuk mengawasi dan monitoring area yang ingin kita jaga keamanannya. Seperti area rumah, gudang, kantor, sekolah, dan lain-lain. Untuk dapat menjalankan fungsi monitoring, maka sebaiknya CCTV selalu stand by dan bekerja dengan prima.

Kamera pengawas yang mengalami gangguan menjadi salah satu masalah yang kerap muncul selama penggunaan alat tersebut. Kamera pengawas yang mengalami gangguan akan mengurangi dan membatasi fungsi utama dari kamera pengawas untuk mengawasi sekitar karena keterbatasan citra atau imej yang ada.

Tapi, apa sih yang membuat kamera pengawas bergaris? Apakah CCTV bergaris termasuk dalam masalah serius atau tanda kerusakan? Nah, untuk lebih tahu selengkapnya, baca penjelasan di bawah ini, yuk!

Penyebab CCTV Bergaris

Penyebab CCTV Bergaris

1. CCTV Bergaris Akibat Sinyal Radio

Alasan munculnya hasil CCTV bergaris karena adanya gangguan frekuensi yang tinggi pada kamera pengawas. Beberapa penyebab dari CCTV bergaris adalah posisi kamera pengawas yang berdekatan dengan radio amatir, pemancar sinyal radio, hingga citizen band.

Baca Juga : Jenis-Jenis CCTV

Masing-masing penyebab dapat memberi ciri-ciri yang berbeda, bergantung tinggi dan besarnya frekuensi yang alat-alat tersebut hasilkan. Apabila CCTV terus-menerus menerima gangguan, dapat Anda pastikan gangguan tersebut berasal dari pemancar sinyal radio. Sebaliknya, jika gangguan datang sesekali maka gangguan tersebut berasal dari citizen band atau radio amatir.

2. CCTV Bergaris Akibat Kerusakan Perangkat

Penyebab kedua dari kamera pengawas mengalami gangguan pada layar adalah dari keseluruhan perangkat itu sendiri. Dalam menjalankan fungsinya, CCTV terus digunakan selama 24 jam non stop selama berhari-hari, berbulan-bulan, hingga bertahun-tahun. Maka, wajar jika CCTV mengalami beberapa gangguan ataupun kerusakan akibat jangka waktu pemakaian.

Penyebab kamera pengawas bergaris bisa jadi karena adanya suhu panas pada kamera pengawas akibat teraliri listrik secara konstan setiap waktunya. Panas ini dapat membuat beberapa bagian kamera pengawas menjadi rusak atau mengalami gangguan dan berakibat pada kamera pengawas bergaris.

Baca Juga : Mengatasi Gangguan Camera CCTV

Untuk meminimalisir panas yang bisa muncul kapan saja, ada baiknya terdapat pembuangan angin panas atau penambahan fan / kipas kecil pendingin untuk bagian DVR dan adaptor CCTV agar suhu perangkat tetap stabil dan mencegah panas datang kembali.

Selain itu, dapat digunakan atau ditambahkan stabilizer dan UPS yang dipasang pada perangkat CCTV Anda. Kedua alat ini memiliki fungsi untuk mengamankan perangkat CCTV dari ketidakstabilan tegangan listrik atau pemadaman mendadak yang dapat menimbulkan kerusakan di CCTV Anda.

CCTV bergaris juga dapat disebabkan oleh konektor pada kamera pengawas yang longgar dan perlu diganti agar tidak menimbulkan kerusakan yang semakin besar, kamera pengawas yang mulai rusak akibat penggunaan jangka panjang atau gangguan eksternal, kabel perangkat kamera pengawas yang rusak akibat arus listrik maupun faktor eksternal lainnya, juga disebabkan oleh konektor BNC kamera pengawas yang mulai menujukkan kerusakan.

Mengatasi Kamera Pengawas yang Bergaris

Mengatasi CCTV Bergaris

Salah satu penyebab dari kamera pengawas bergaris adalah adanya sinyal atau frekuensi yang mengganggu perangkat kamera pengawas. Hal ini diakibatkan oleh adanya perangkat radio amatir, pemancar sinyal radio dan citizen band.

Anda dapat memindahkan letak kamera pengawas pada area yang bebas frekuensi tinggi untuk meminimalisir kemungkinan munculnya kamera pengawas bergaris. Selain itu, sering-sering mengecek perangkat juga sangat berguna mencegah munculnya CCTV bergaris, loh.

Baca Juga : 5 Penyebab CCTV Mati Dan Cara Mengatasinya

Panas yang muncul akibat tekanan arus listrik terbukti dapat menimbulkan kamera pengawas bergaris. Maka dari itu, Anda dapat memasang perangkat pendingin pada bagian kamera pengawas yang panas untuk mencegah kamera pengawas mengalami gangguan datang kembali.

Selain itu, pastikan seluruh kabel dan konektor pada CCTV terpasang sempurna tanpa adanya kelonggaran atau kabel yang sudah tidak layak pakai. Kamera pengawas yang mengalami gangguan juga bisa karena oleh konektor dan kabel yang tidak bekerja dengan baik.

Jangan lupa juga untuk mengecek kualitas kamera, ya. Karena menggunakan kamera terlalu lama dan tanpa servis atau pengecekan secara berkala dapat menimbulkan gambar CCTV bergaris dan membatasi fungsi utama dari perangkat tersebut.

Faktor eksternal ternyata juga bisa mengubah kualitas citra dari perangkat CCTV yang kita miliki. Misalnya, kamera yang terkena benda-benda keras, kabel yang dimakan rayap atau binatang pengerat, juga perangkat CCTV yang terkena hujan dan panas terlalu sering menjadi salah satu penyebab munculnya kamera pengawas yang bergaris.

Nah, ternyata kamera pengawas bergaris sangat berbahaya untuk kegiatan sehari-hari karena membatasi kita dalam mengawasi area yang kita inginkan. Lebih baik mencegah sebelum rusak, jangan lupa untuk mengecek CCTV secara rutin, ya!

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *